Pemkab Kayong Utara Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023

KalbarOnline, Sukadana – Pemerintah Kabupaten Kayong Utara menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila pada tanggal 1 Juni 2023, di Halaman Kantor Bupati, Sukadana.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Kayong Utara, Citra Duani bertindak sebagai inspektur upacara dan membacakan amanat  Presiden Republik Indonesia.

“Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia, pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepada tanah air sehingga dapat membangun bangsa dan negara yang lebih baik,” kata Bupati Citra dalam amanat Presiden Republik Indonesia, Kamis (01/06/2023).

Ia melanjutkan, Nilai-nilai Pancasila dapat diamalkan dalam bentuk sederhana, seperti saling menghargai, bekerja sama, dan saling menghormati. Berkat Pancasila dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong, keberagaman yang ada menjadi berkah yang dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika.

Selain itu, Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia, tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa, namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga :  Pemdes Pangkalan Buton Bakal Sanksi Pangkalan yang Menjual Gas 3 Kg di Atas HET

“Pancasila bukan hanya untuk dibaca dan didengar namun harus dipraktikkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga nilai-nilai Pancasila akan tertanam di dalam hati bangsa Indonesia,” ucap Bupati Citra.

Kemudian, saat ini bangsa Indonesia telah berhasil melewati masa kritis pandemi Covid-19, hal ini membuktikan kekuatan Pancasila dan kekuatan bangsa Indonesia.

“Kita akan mewujudkan Indonesia Emas 2045 dan impian Indonesia 2085, yaitu menjadi bangsa yang memiliki sumber daya manusia yang kecerdasannya mengungguli bangsa-bangsa lain di dunia, menjunjung tinggi pluralisme, berbudaya, religius dan menjunjung tinggi nilai-nilai etika, menjadi pusat pendidikan, teknologi, dan peradaban dunia, masyarakat dan penyelenggara negara yang bebas dari perilaku korupsi,” katanya.

Bupati Kayong Utara, Citra Duani membacakan amanat Presiden RI dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2023, di Halaman Kantor Bupati, Sukadana. (Foto: Prokopim)
Bupati Kayong Utara, Citra Duani membacakan amanat Presiden RI dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2023, di Halaman Kantor Bupati, Sukadana. (Foto: Prokopim)

Kemudian, terbangunnya infrastruktur yang merata di seluruh indonesia, menjadi negara yang mandiri dan negara yang paling berpengaruh di asia pasifik dan Indonesia menjadi barometer pertumbuhan ekonomi dunia.

Baca Juga :  Bupati Citra Soroti Pentingnya Pengendalian Penduduk dan Pencegahan Stunting Tahun 2023

Selanjutnya, terkait menghadapi pesta demokrasi serentak melalui penyelenggaraan pemilihan umum 2024, Bupati Citra mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menyukseskan pemilu yang jujur, aman, dan damai.

“Kita harus menjaga kerukunan dan keutuhan untuk menciptakan suasana yang kondusif sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila,” ungkap Bupati Citra.

Sementara itu, angka stunting di Indonesia masih tinggi dan berada di atas ambang batas yang ditetapkan organisasi kesehatan dunia (WHO), yaitu dua puluh persen.

“Untuk mengatasinya, saya mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bergotong royong menurunkan angka stunting di Indonesia,” papar Bupati Citra.

Menutup pidatonya, dirinya mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan keseharian. 

“Semoga melalui peringatan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2023 ini dapat lebih meningkatkan kinerja, membuat prestasi, membuat terobosan, dan menumbuhkan pembaharuan di tahun 2023 dan di tahun-tahun yang akan datang,” ucap Bupati Citra. (Santo/Prokopim)

Comment