Bupati Citra Soroti Pentingnya Pengendalian Penduduk dan Pencegahan Stunting Tahun 2023

KalbarOnline, Sukadana – Bupati Kayong Utara, Citra Duani menyampaikan, berdasarkan data yang dilihat dari kelompok umur, maka Kayong Utara tidak lama lagi menikmati bonus demografi.

Dimana bonus demografi merupakan suatu keadaan terjadinya peningkatan penduduk pada usia produktif yaitu berkisar antara 16 hingga 65 tahun.

“Bonus demografi dikaitkan dengan munculnya suatu kesempatan yang disebut dengan jendela peluang yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Citra Duani, Kamis (15/06/2023).

Hal itu disampaikan bupati saat membuka Rapat Koordinasi Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera se-Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2023, di Mahkota Hotel, Kecamatan Sukadana.

Baca Juga :  Pemda Tingkat II di Kalbar Diminta Serius Tangani Stunting

“Bonus demografi dapat bermanfaat dalam mendorong pertumbuhan ekonomi. Dengan kata lain, bonus demografi yang dimanfaatkan dengan optimal akan mengurangi kemiskinan dengan signifikan,” sambungnya.

Bupati KKU, Citra Duani foto bersama peserta Rakor Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera se-Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2023, di Mahkota Hotel, Kecamatan Sukadana. (Foto: Prokopim)
Bupati KKU, Citra Duani foto bersama peserta Rakor Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera se-Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2023, di Mahkota Hotel, Kecamatan Sukadana. (Foto: Prokopim)

Kendati begitu, menurut bupati, melimpahnya penduduk bisa menciptakan kondisi yang buruk jika tidak dikelola dengan baik, karena di usia kerja yang tidak memiliki keahlian dan keterampilan dapat meningkatkan tingkat pengangguran, tingkat kriminalitas, tingkat kemiskinan dan menghambat pertumbuhan ekonomi.

“Ini akan berdampak pula pada stunting, keterbatasan ekonomi membuat masyarakat tidak sanggup memenuhi kebutuhan gizi yang seimbang,” ucapnya.

Baca Juga :  Cerita Perjuangan Mewujudkan Generasi Emas dari Timor Tengah Selatan

Untuk itu, Citra berharap dengan pelaksanaan rakor ini, dapat meningkatkan peran serta semua sektor dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama serta lebih memfokuskan pada kegiatan-kegiatan yang secara langsung dalam meringankan beban keluarga, sesuai prioritas masalah yang ada dengan memperhatikan potensi dan keanekaragaman daerah.

“Begitupun dengan masalah pencegahan stunting, saya mengimbau semua pihak terkait agar dapat membantu mensukseskan program bangga kencana demi percepatan penurunan stunting di Kabupaten Kayong Utara khususnya dan Kalimantan Barat pada umumnya,” tutup Bupati Citra. (Santo/Prokopim)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment