Rakornas Penanggulangan Bencana 2024, Pj Bupati Romi Sebut Pentingnya Penerapan Teknologi dan Inovasi

KalbarOnline, Bandung – Penjabat (Pj) Bupati Kayong Utara, Romi Wijaya menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penanggulangan Bencana (PB) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Tahun 2024 yang diselenggarakan di Pullman Bandung Grand Central, pada hari Rabu (24/04/2024).

Rakornas yang mengusung tema “Pengembangan Teknologi dan Inovasi dalam Penanggulangan Bencana” itu dihadiri oleh seluruh kepala daerah se-Indonesia dan dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden Republik Indonesia (RI), Ma’ruf Amin.

Dalam kesempatannya, Romi Wijaya menyampaikan, bahwa tema rakornas sangat relevan dengan tantangan yang semakin kompleks dalam menghadapi bencana di masa kini.

“Perubahan iklim yang tidak menentu, tata guna lahan yang terus berubah, serta penggunaan peralatan tradisional dan konvensional menjadi salah satu penyebab lambatnya penanganan bencana,” ujarnya.

Baca Juga :  Hari Kelima Evakuasi Sriwijaya Air, 3.300 Personel SAR Dikerahkan
Wapres RI, Ma’ruf Amin saat membuka Rakornas PB tahun 2024 yang diselenggarakan di Pullman Bandung Grand Central pada hari Rabu (24/04/2024). (Foto: Prokopim KKU)

Untuk itu, ia menekankan pentingnya penerapan teknologi dan inovasi sebagai sarana untuk memperkuat upaya penanggulangan bencana.

“Penggunaan teknologi dan inovasi dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi upaya yang dilakukan. Teknologi seperti sistem informasi geografis (SIG), drone, dan aplikasi mobile dapat memberikan kontribusi besar dalam upaya penanggulangan bencana,” terangnya.

Lebih lanjut Romi mengatakan, bahwa Pemerintah Daerah Kayong Utara akan terus berkomitmen untuk mendukung upaya-upaya penanggulangan bencana dengan memanfaatkan teknologi dan inovasi.

Baca Juga :  Bea Cukai Ketapang Musnahkan Barang Ilegal Senilai Rp 1 Miliar Lebih
Pj Bupati Kayong Utara, Romi Wijaya (baju putih), saat menghadiri Rakornas PB tahun 2024 yang diselenggarakan di Pullman Bandung Grand Central pada hari Rabu (24/04/2024). (Foto: Prokopim KKU)

“Teknologi dan inovasi memiliki peran penting dalam membantu dalam berbagai tahapan penanggulangan bencana, mulai dari pencegahan, mitigasi, respons, hingga rehabilitasi dan rekonstruksi,” tambahnya.

Dirinya berharap, melalui Rakornas PB tahun 2024 ini, dapat diidentifikasi potensi teknologi yang dapat dimanfaatkan dalam penanggulangan bencana, serta membangun kerjasama yang lebih erat antara berbagai instansi, lembaga dan komunitas yang terlibat dalam penanggulangan bencana.

“Sinergi dan kolaborasi yang kuat antar lembaga sangat diperlukan untuk memastikan respons yang tepat dan efektif dalam menghadapi bencana,” tutupnya. (Santo)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment