by

Mata Sering Gatal, Hati-hati Jangan Digaruk!

Salah satu gangguan pada mata yang cukup mengganggu adalah gatal. Jika serangan gatal di mata datang, rasanya ingin menggaruk ya Geng! Bukannya reda, gatal malah semakin menjadi dan garukan di mata meninggalkan kemerahan dan bengkak di mata.

Gatal di mata yang tidak disebabkan oleh infeksi mata, bisa dipicu oleh alergi atau sindrom mata kering. Simak yuk penjelasannya!

Baca juga: 7 Cara Menyembuhkan Bintitan

Penyebab Mata Gatal Selain Infeksi

Salah satu pemicu gatal di mata adalah alergi. Zat yang menyebabkan alergi (disebut alergen) misalnya debu, serbuk sari, debu, dan bulu binatang. Jika menempel di jaringan mata, akan menyebabkan pelepasan senyawa yang disebut histamin pada jaringan di sekitar mata, yang menyebabkan gatal, kemerahan, dan pembengkakan.

Alergi juga bisa muncul karena penggunaan lensa kontak dan produk mata lain juga dapat menyebabkan mata gatal. Misalnya, air mata buatan yang digunakan untuk mengobati mata kering, makeup, krim mata, atau sabun.

Tapi alergi bukan satu-satunya penyebab mata gatal. Jika mata gatal juga disertai mata seperti terbakar, penyebabnya mungkin sindrom mata kering atau disfungsi kelenjar meibom, bukan alergi.

Gatal Karena Mata Kering

Jika Kamu mengalami mata kering dan gatal, kemungkinan Kamu memiliki sindrom mata kering. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh produksi air mata yang tidak memadai atau ada ketidakseimbangan kimia dalam susunan air mata.

Air mata terbuat dari campuran minyak, lemak, lendir, dan air. Mereka akan membentuk lapisan tipis yang menutupi permukaan mata untuk membantu melindungi mata dari infeksi atau kerusakan dari faktor eksternal.

Jika mata Kamu terus menerus terasa kering dan gatal, disertai kemerahan, sensasi menyengat, keinginan tidak tertahan untuk menggaruk, atau terbakar dan sensitif terhadap cahaya, kemungkinan mata Kamu kering.

Baca juga: Tips Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami

Cara Mengatasi Mata Gatal

Perawatan mata gatal yang paling efektif adalah yang langsung mengatasi penyebabnya. Mata kering diatasi dengan obat untuk mengatasi mata kering. Jika penyebabnya alergi, bisa menghindari penyebabnya.

Cara sederhana untuk mengobati mata yang kering dan gatal di rumah meliputi:

Tetes mata bebas resep (OTC). Mata kering dan gatal dapat diobati dengan tetes mata OTC, terutama yang tanpa bahan pengawet. Ini dapat berkisar dari air mata buatan hingga tetes mata untuk alergi atau kemerahan.

Kompres dingin. Rendam handuk dalam air dingin dan kemudian letakkan di atas mata tertutup Anda. Kompres ini membantu menenangkan mata Anda dan dapat diulang sebanyak yang diperlukan.

Awas, Jangan Menggaruk Mata!

Meskipun sangat gatal, usahakan tidak menggaruk mata karena berbahaya. Jaringan pendukung mata terbuat dari kolagen, termasuk kornea dan sklera (lapisan luar dan putih mata). Setiap kali Kamu menekan mata dan menggosok mata, kolagen itu membentang ke dalam. Saat Kamu melepaskannya, ia akan membentang ke belakang.

Nah, seperti klip kertas, kornea dapat bengkok keluar dan melemah. Bahkan benda keras yang direntangkan berkali-kali, lama-kelamaan akan patah. Apalagi jaringan mata yang lemah.

Selain merusak struktur mata, menggaruk mata dapat membuat sejumlah masalah lain, di antaranya:

– Menggaruk mata secara berlebihan dapat membuat lingkaran hitam dan kerutan di sekitar mata.

– Jika ada benda kecil masuk mata menyebabkan gatal, maka menggaruknya akan menimbulkan lebih banyak kerusakan. Lebih baik membiarkan air mata alami membasahi iritasi.

– Tangan mengandung lebih banyak bakteri daripada bagian tubuh lainnya, jadi menggaruk mata dengan jari atau tangan di mata bukan ide yang bagus.

Baca juga: Terlalu Lama di Depan Komputer Selama WFH, Lakukan 7 Cara Menjaga Kesehatan Mata

Mencegah Mata Gatal

Kamu dapat mengurangi mata kering dan gatal dengan melakukan upaya berikut ini:

– memasang pelembab udara di dalam rumah.

– jangan menatap layar berlebihan dan jaga jarak dengan layar.

– berkedip berulang kali atau tutup mata selama beberapa detik saat bekerja, membaca, atau melakukan tugas yang membuat mata tegang

– lindungi mata dari sinar matahari, angin, atau debu.

Baca juga: Hati-hati, Gamers Rentan Alami Gejala Mata Kering!

Referensi:

Allaboutvision.com. Itchy eyes and causes

Healthline.com. Hpe to treat the dryness and itch eyes

Comment

News Feed