by

Ini Lho Alasan Pintu Kamar Sebaiknya Ditutup di Malam Hari!

Geng Sehat, apa kebiasaanmu sebelum tidur malam hari? Meski tidak banyak, biasanya ada rutinitas malam sebelum tidur, seperti menyikat gigi, mencuci dan membersihkan muka, dan mengganti baju tidur yang nyaman. Nah, ada satu rutinitas penting yang sering dilupakan, yakni mengunci pintu kamar tidur.

Data sebuah survei yang dilakukan organisasi keselamatan Firefighter Safety Research Institute (FSRI) menunjukkan bahwa di Amerika Serikat, hampir 60% orang tidur dengan pintu kamar terbuka. Sebenarnya ini adalah sebuah pilihan. Memang ada orang yang lebih nyaman tidur dengan kamar terbuka.

Biasanya pasangan yang masih memiliki anak kecil tidur di kamar terpisah. Alasannya, agar bisa mendengar saat anak-anak terbangun. Alasan lain adalah ingin membiarkan udara segar masuk, terutama yang kamarnya tidak memiliki AC.

Ternyata pilihan sederhana ini, membuka atau menutup pintu kamar di malam hari, akan menentukan keselamatan Kamu lho! Ada beberapa alasan mengapa kita harus menutup pintu kamar pada malam hari.

Baca juga: 8 Kebiasaan Orang Sukses Sebelum Tidur

Alasan Pintu Kamar Sebaiknya Ditutup di Malam Hari

Pintu kamar yang tertutup atau terbuka dapat menentukan hidup atau mati jika terjadi kebakaran rumah. Berikut ini alasan paling rasional mengapa pintu kamar sebaiknya ditutup saat tidur di malam hari!

1. Kamu memiliki kesempatan bertahan dari api saat kebakaran

Jika Kamu membiarkan pintu kamar terbuka saat tidur dan ada api, maka api bisa menyebar lebih cepat ke dalam kamar. Sebaliknya, pintu yang tertutup dapat memperlambat penyebaran api, mengurangi asap beracun, meningkatkan kadar oksigen, dan menurunkan suhu dalam kamar. Dengan begitu, akan memberi Kamu lebih banyak waktu untuk bertindak dan menyelamatkan diri dari api.

Dengan meningkatnya penggunaan bahan sintetis untuk furnitur dan konstruksi rumah, menutup pintu dapat membuat perbedaan besar dalam hal keluar dari kamar dengan aman.

Tahukah Kamu, saat ini waktu rata-rata untuk menghindari kebakaran rumah sudah jauh berkurang, dari 17 menit menjadi hanya tiga menit atau kurang dalam beberapa dekade terakhir. Hal ini karena bahan pembuat rumah yang lebih mudah terbakar dan denah ruangan yang terbuka kontemporer.

Baca juga: Berniat Pindah? Inilah 10 Kota Paling Nyaman untuk Ditinggali

2. Menghalangi kebisingan sehingga tidurmu lebih nyenyak

Jika Kamu tinggal di lingkungan yang bising, maka Kamu akan susah tidur. Menutup pintu adalah pilihan yang tepat, meskipun Kamu tidak terbiasa melakukannya.

3. Ada kesempatan Kamu bereaksi jika ada pencuri

Pintu kamar tidur yang tertutup atau, bahkan lebih baik lagi, pintu kamar tidur yang terkunci dapat memberi Kamu kesempatan untuk bertindak jika mendengar tamu tak diundang masuk ke rumah. Ini juga akan memungkinkan Kamu untuk tetap lebih aman sambil menunggu polisi datang dan menyelamatkanmu.

4. Menurut Feng Shui, pintu yang tertutup menyimpan energi positif di dalam

Salah satu prinsip Feng Shui tentang kamar tidur adalah menghindari tidur dengan pintu terbuka. Ini karena semua energi positif di dalam ruangan dapat keluar. Jadi membiarkan tidur dengan pintu kamar terbuka sama saja dengan membuka ruangan untuk masuknya chi negatif. Menutup pintu akan mencegah hal ini dan memberi Kamu rasa aman.

Mulailah membiasakan untuk menutup tidak hanya pintu kamar Kamu di malam hari, tetapi juga kamar anak. Tindakan pencegahan kecil itu bisa membuat sebuah perbedaan.

Baca juga: Yuk, Adopsi 5 Kebiasaan Baik di Pagi Hari!

Referensi:

Brightside.me. Why we shouldn’t leave our bedroom door open at night.

Goodhousekeeping.com. Why Closing the Bedroom Door at Night Could Save Your Life

Comment

Terbaru