by

6 Tips Ampuh Menurunkan Berat Badan Saat Tidur

Banyak ahli yang sepakat bahwa berolahraga secara teratur dan menjaga pola makan adalah cara terbaik untuk menurunkan berat badan dan tetap sehat. Selain itu, tidur yang cukup juga tak kalah penting untuk menjaga kesehatan dan berat badan ideal. Tapi, menurunkan berat badan saat tidur apakah sudah dicoba?

Tidak semua orang bisa konsisten berolahraga maupun menjaga pola makan. Namun, kita semua pasti tidur teratur setiap malam. Nah, kita bisa lho melakukan beberapa kiat untuk menurunkan berat badan saat kita tidur.

Baca juga: Gak Pede Karena Leher Berlipat? Begini Cara Menghilangkan Double Chin!

Tips Menurunkan Berat Badan Saat Tidur

Di bawah ini akan kita bahas beberapa cara luar biasa yang secara aktif menurunkan berat badan dengan lebih efektif saat kamu tidur dengan lelap. Yuk, simak baik-baik.

1. Konsumsi protein shake

Mengonsumsi protein shake sebelum melakukan aktivitas dapat meningkatkan metabolisme, menurut sebuah penelitian di Florida State University. Dalam penelitian tersebut, para peneliti menemukan bahwa pria yang makan malam dengan camilan yang mengandung 30 gram protein memiliki tingkat metabolisme istirahat yang lebih tinggi saat bangun pagi keesokan harinya daripada saat tidak makan apa-apa.

Protein lebih termogenik daripada karbohidrat atau lemak, sehingga tubuh harus membakar lebih banyak kalori untuk mencernanya. Protein yang bisa dikonsumsi sebelum tidur, sebaiknya pilih bubuk protein vegan, yang akan memberi kamu manfaat yang sama untuk membakar lemak, menghilangkan rasa lapar, dan membangun otot, tanpa kembung seperti yang disebabkan oleh protein whey.

2. Tidur dalam temperatur rendah

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes, cukup dengan menyalakan AC atau menurunkan suhu kamar sebelum tidur dapat membantu kita membakar lebih banyak lemak perut saat kita tidur. Ini karena suhu yang lebih dingin secara halus meningkatkan keefektifan penyimpanan lemak coklat di dalam tubuh agar tubuh tetap hangat dan tidak kedinginan.

BACA JUGA:  5 Kebiasaan Buruk Sebelum Tidur yang Harus Dihindari

Baca juga: 5 Teh yang Bisa Menurunkan Berat Badan

3. Tidur dengan keadaan gelap

Paparan cahaya yang terang di malam hari tidak hanya mengganggu kamu untuk bisa tidur dengan nyenyak, tetapi juga dapat menyebabkan penambahan berat badan, menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Epidemiology.

Dalam penelitian tersebut, subjek penelitian yang tidur di kamar paling gelap memiliki kemungkinan 21 persen lebih kecil untuk mengalami obesitas dibandingkan mereka yang tidur di kamar paling terang. Jadi, untuk kamu yang selama ini terbiasa tidur dengan lampu menyala, yuk mulai biasakan untuk mematikan lampu sebelum tidur.

4. Buat jadwal tidur secara teratur

Perlu kamu ketahui, menonton film, bermain ponsel, hingga melakukan tugas yang berat dapat membuat kamu sulit tidur atau mendapatkan tidur yang nyenyak. Padahal, kita semua tahu bahwa mendapatkan jumlah tidur yang optimal sangat penting bagi kesehatan kita.

Berkomitmen pada jumlah jam tidur yang sehat per malam yaitu sekitar 7-8 jam dapat membantu tubuh membakar lebih banyak lemak. Sebuah studi di American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa orang yang cukup istirahat dapat membakar 20 persen lebih banyak kalori setelah makan daripada mereka yang kurang tidur dan tidak tidur dengan nyenyak.

Baca juga: Lagi Turunkan Berat Badan? Awas Jangan Tersesat oleh 5 Mitos Diet Ini!

5. Jauhkan semua barang elektronik

Penelitian menunjukkan bahwa semakin banyak barang elektronik yang kita bawa ke kamar tidur, semakin gemuk pula diri kita, utamanya di antara anak-anak. Sebuah penelitian dalam jurnal Pediatric Obesity menunjukkan bahwa anak-anak yang terpapar sinar TV atau komputer malam hari tidak cukup istirahat dan menderita kebiasaan gaya hidup yang buruk.

BACA JUGA:  Panduan Ngemil Sehat untuk Penderita Diabetes

Juga, siswa dengan akses ke satu perangkat elektronik 1,47 kali lebih mungkin mengalami kelebihan berat badan dibandingkan anak-anak yang tidak memiliki perangkat di kamar tidur. Jumlah ini mengalami peningkatan menjadi 2,57 kali untuk anak-anak dengan tiga perangkat elektronik di kamar tidur.

6. Yoga

Mempraktikkan beberapa pose yoga sebelum tidur dapat berpengaruh kuat pada kualitas tidur, karena yoga berfokus pada pernapasan dan meditasi. Dilansir dari laman Eat This Not That, yoga menawarkan banyak sekali manfaat, mulai dari peningkatan fleksibilitas dan kekuatan, hingga pikiran yang lebih tenang.

Pose yoga dapat menenangkan sistem saraf, merilekskan bahu dan leher, dan memungkinkan kamu untuk fokus ke dalam, yang dapat memblokir stres dan rileks. Untuk dipraktikkan di malam hari, sebaiknya kamu mencari gerakan yoga yang khusus untuk sebelum tidur.

Meskipun beberapa tips sebelum tidur ini akan membantu kamu menurunkan berat badan, tapi tetap disarankan agar kamu tidak melewatkan olahraga harian dan konsumsi makanan seimbang.

Baca juga: Pelaku Plant-Based Diet Berisiko Kekurangan Zat Gizi Penting. Bagaimana Menyiasatinya?

Sumber:

Eatthis.com. Lose-weight-in-sleep

Brightside.me. 9-things-that-can-help-you-lose-weight-while-sleeping

Comment