Alfian Salam Resmi Dilantik Sebagai Pj Bupati Kayong Utara

KalbarOnline, Pontianak – Asisten Administrasi dan Umum Sekretaris Daerah Provinsi Kalbar (Asisten III Sekda Prov Kalbar), Alfian Salam resmi dilantik menjadi Penjabat (Pj) Bupati Kayong Utara oleh Pj Gubernur Kalbar, Harisson di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Kamis (20/06/2024).

Alfian menggantikan Romi Wijaya yang mengundurkan diri sebagai Pj Bupati Kayong Utara karena ingin mengikuti kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) KKU yang akan dilaksanakan 27 November 2024 mendatang.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

Pemilihan Pj Bupati Kayong Utara ini dipilih langsung oleh Presiden RI dan Kemendagri.

Pj Gubernur Kalbar, Harisson dalam sambutannya mengingatkan, Alfian sebagai Pj Bupati Kayong yang baru mengenai tugas-tugas yang akan dijalankannya. Satu di antaranya adalah pilkada 2024 yang akan berlangsung pada November 2024 mendatang.

“Saya ingin mengingatkan Alfin sebagai penjabat Bupati Kayong Utara yang baru dalam beberapa bulan ke depan kita akan menghadapi pilkada. Benar-benar harus disiapkan, koordinasi dengan forkopimda untuk pelaksanaan pilkada dan juga bersama KPU dan Bawaslu,” ujarnya.

Baca Juga :  Pj Gubernur Kalbar Minta Masyarakat Pahami Psikologis Simpatisan HMI: Tidak Ada Niatan Mereka Mau Buat Onar

Selain itu, Harisson juga menekankan tugas-tugas lain yang harus dijalankan oleh Alfian setelah menjabat sebagai Pj Bupati Kayong Utara. Diantaranya seperti inflasi, penghapusan kemiskinan ekstrem, pengangguran, lapangan pekerjaan terbuka, percepatan investasi hingga UMKM.

“UMKM pasti tumbuh, mereka ini sebenarnya tumbuh dengan sendirinya. Kita harapkan mereka (UMKM) difasilitasi, dibina dan dicarikan pendanaan supaya memang umkm benar-benar bisa mantap. Kalau umkm bagus perekonomian rakyat akan meningkat. Kuncinya adalah pemberdayaan ekonomi masyarakat,” ungkapnya.

Pj Bupati Kayong Utara sebelumnya, Romi Wijaya mengucapkan selamat kepada Alfian Salam yang akan mengemban tugas sebagai Pj Bupati Kayong yang baru. Ia berharap Alfian dapat menjalankan membangun Kayong Utara sebagaimana arahan dari Presiden RI dan Kemendagri.

“Memang sesuai dengan arahan presiden dan gubernur, Pj itu harus fokus pada beberapa prioritas, agenda nasional seperti penurunan stunting, inflasi pengangguran terbuka. Dan yang paling penting adalah bagaimana mendukung pelaksanaan pilkada sesuai aturan yang berlaku,” katanya.

Baca Juga :  Pengen Ngomong Empat Mata, Presiden Minta Pulang Semobil dengan Pj Gubernur Harisson

Sementara itu, Alfian Salman setelah dilantik sebagai Pj Bupati Kayong Utara mengatakan, akan melanjutkan program-program yang telah berjalan sebelumnya.

Selain itu terkait pilkada 2024, ia menegaskan akan mengawal dengan baik agar pemilihan kepala daerah di Kayong Utara berjalan dengan baik.

“Terutama dalam persiapan untuk pilkada di November 2024 disamping program-program yang telah dicanangkan presiden baik pengendalian inflasi penanganan stunting dan juga penguatan umkm, beri fasilitas dukungan dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya di Kayong Utara,” pungkasnya. (Lid)

Comment