Peringati Otda ke-28, Pj Bupati Romi Ajak Seluruh Elemen Kedepankan Perlindungan Lingkungan

KalbarOnline, Surabaya – Penjabat Bupati Kayong Utara, Romi Wijaya bersama seluruh kepala daerah lainnya se-Indonesia menghadiri Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke XXVIII (28) yang diselenggarakan di halaman Balai Kota Surabaya, pada Kamis (26/04/2024).

Kegiatan yang mengusung tema “Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan Yang Sehat” tersebut dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri Indonesia (Mendagri), Tito Karnavian.

Dalam kesempatannya, Romi menyampaikan akan pentingnya menjaga keberlanjutan dari otonomi daerah yang telah memasuki usia ke 28 tahun ini. Menurutnya, dengan memperkokoh komitmen dan melaksanakan amanat kewenangan daerah, menjadi kunci menuju kesejahteraan masyarakat.

“Otonomi berimplikasi terhadap hak maupun wewenang bagi terhadap daerah untuk melakukan manajerial kebijakan daerah, untuk itu tanggung jawab kita seluruh jajaran pemerintah daerah melaksanakan amanah dan filosofi otonomi daerah untuk menciptakan masyarakat yang kesejahteraan,” terangnya.

Baca Juga :  Sampaikan Keluhan Warga Terkait Jalan Rusak, Pj Bupati Kayong Utara Audiensi ke Dinas PUPR Provinsi

Dalam visi mewujudkan ekonomi hijau di Kabupaten Kayong Utara, Romi mengajak seluruh stakeholder dan masyarakat untuk tetap mengedepankan perlindungan lingkungan dan tidak mengeksplorasi sumber daya alam secara berlebihan.

“Tujuannya agar pertumbuhan ekonomi di daerah dapat selaras dengan perlindungan lingkungan, dan penggunaan modal alam yang bertanggung jawab mencegah, mengurangi polusi dan emisi karbon, serta menciptakan peluang untuk meningkatkan kesejahteraan sosial secara menyeluruh,” jelasnya.

Sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat di daerah, Romi sebagai pimpinan tinggi di daerah mengajak seluruh jajarannya untuk tetap melaksanakan segala kebijakan dan program pembangunan nasional, yang meliputi penanganan stunting, penurunan angka kemiskinan ekstrem, pengendalian inflasi, peningkatan pelayanan publik melalui Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) serta percepatan proses pemulihan perekonomian nasional.

Baca Juga :  Pemkab Kayong Utara Gandeng Perusahaan Perbaiki Jalan Rusak

“Sebagai penyelenggara pemerintah di daerah, mari bersama kita lanjutkan cita-cita otonomi daerah, ekonomi hijau dan lingkungan sehat untuk menuju Indonesia Emas 2045,” seru Romi.

Dalam kesempatan itu, Mendagri turut menyerahkan tanda kehormatan Satyalencana Karya Bhakti Praja Nugraha kepada 9 kepala daerah dan piagam penghargaan Menteri Dalam Negeri kepada 22 provinsi, kabupaten dan kota.

Pagelaran acara Peringatan Otda ke-28 di Kota Surabaya juga mengajak seluruh kepala daerah untuk mengunjungi mall pelayanan publik, dan diakhiri dengan malam ramah tamah, serta panggung Apresiasi Kinerja Pemerintah Daerah. (Santo)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment