Maju Pilkada, Romi Wijaya Mengundurkan Diri dari Penjabat Bupati Kayong Utara

KalbarOnline, Kayong Utara – Romi Wijaya menyatakan kalau ia telah mengajukan pengunduran diri dari jabatannya sebagai Penjabat (Pj) Bupati Kayong Utara kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) beberapa waktu lalu.

Alasan Romi mundur dari jabatannya itu lantara ingin mengikuti pencalonan Bupati Kayong Utara periode 2024 – 2029.

“Saya telah mengajukan surat pengunduran diri kepada Bapak Menteri Dalam Negeri melalui Bapak Gubernur Kalbar. Tinggal menunggu pelantikan Penjabat Bupati Kayong Utara yang baru, mungkin tidak lama lagi,” kata Romi Wijaya saat diskusi bareng dengan Jurnalis Kayong Utara (JKU), pada Minggu (19/05/2024).

Mendagri Tito sebelumnya memang telah memberikan peringatan kepada penjabat kepala daerah yang ingin mengikuti pemilihan kepala daerah (pilkada) untuk mundur dari jabatannya sekurang-kurangnya lima bulan sebelum pemilihan dilaksanakan.

“Jadi mekanismenya  harus kita jalankan semua terkait pencalonan. Namun untuk status ASN, tentunya itu juga akan berproses sesuai aturan yang berlaku,” tambahnya.

Ia berpesan kepada seluruh elemen masyarakat dan perangkat daerah, untuk tetap menjaga kondusivitas menjelang pilkada yang akan digelar bulan 2024.

Baca Juga :  Rombongan Ketua PDIP Kalbar Dicegat Warga Saat Melintas di Jalan Siduk-Teluk Batang

“Kita harus sama-sama menjaga keamanan dan kelancaran pilkada 2024 agar proses demokrasi berjalan baik dan sehat,” pesannya.

Seperti diketahui, bahwa Romi Wijaya dilantik sebagai Pj Bupati Kayong Utara oleh Penjabat Pj Gubernur Kalimantan Barat, Harisson, di Balai Petitih Kantor Gubernur, Kota Pontianak, pada 19 September 2023 lalu.

Romi Wijaya merupakan asli putra daerah Kabupaten Kayong Utara. Ia lulusan Administrasi Negara di Universitas Tanjungpura Pontianak tahun 2005 dan Magister Manajemen Aset dan Penilaian Properti di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta tahun 2007.

Mengawali karirnya sebagai PNS, Romi Wijaya bertugas di Setjen Kemendagri, kemudian Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Kalbar bidang Analis Kepegawaian Pelaksana tahun 2023 dan Analis Kepegawaian Pertama tahun 2005.

Kemudian, Romi Wijaya mengabdi di Kabupaten Kayong Utara sebagai Kepala Sub Bagian Pengadaan dan Mutasi Pegawai Setda Kabupaten Kayong Utara tahun 2009, Sekretaris Dewan Pengurus Korpri Kabupaten tahun 2010, Kepala Badan Kepegawaian Setda Kabupaten Kayong Utara tahun 2012.

Baca Juga :  Pj Bupati KKU: Sinergi Antar Semua Stakeholder Kunci Keberhasilan Pembangunan

Pada tahun 2013, Romi Wijaya menjabat sebagai Sekretaris Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Kepala Dinas Pendidikan tahun 2015 hingga 2019, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah tahun 2019 dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan 2020.

Selain itu, Romi juga pernah menjabat sebagai Kepala Badan Keuangan Daerah tahun 2021 dan Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Kayong Utara tahun 2022, hingga Romi Wijaya menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Kayong Utara dan terpilih sebagai Pj Bupati Kayong Utara tahun 2023.

Sementara itu, terdapat 3 penghargaan yang berhasil diraih oleh Romi Wijaya dalam riwayat jabatannya, yaitu Satya Lencana Karya Satya 10 tahun dan 20 tahun yang diterima pada tahun 2006 dan 2014 dari Presiden RI, serta penghargaan Lencana Korpri Emas dari Bupati Kayong Utara pada tahun 2018. (Sans)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment