Banyak Atlet Pelajar Berprestasi, Kalbar Jadi Tuan Rumah Kejurnas Angkat Besi PPLP/D

KalbarOnline, Pontianak – Pj Gubernur Kalimantan Barat, Harisson membuka event kejuaran nasional (kejurnas) cabang olahraga (cabor) angkat besi antar Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar/Daerah (PPLP/D) dan Sekolah Khusus Olahraga (SKO) tahun 2024 di Gor Pangsuma Pontianak, Selasa (28/05/2024).

Kegiatan yang akan digelar mulai 27 sampai 31 Mei 2024 di Kota Pontianak ini diikuti oleh peserta yang berasal dari 25 kontinen, yaitu 11 kontingen PPLP dan 14 kontingen dari PPLP/D dan SKO, dengan jumlah sebanyak 194 orang, yang terdiri dari 66 lifter putra dan 57 lifter putri serta 71 orang pelatih dan official.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kalimantan Barat, Windy Prihastari mengungkapkan, bahwa Kalbar bisa menjadi tuan rumah kejurnas cabor angkat besi PPLP lantaran atas apresiasi dari Kemenpora yang melihat banyaknya atlet pelajar berprestasi di Kalbar. Baik prestasi nasional maupun internasional.

Baca Juga :  Bupati Ketapang Hadiri Penutupan dan Malam Penghargaan Liga Super Futsal Tahun 2023

Sebut saja seperti Resti Anggi, atlet angkat besi, Katya seorang atlet lompat jauh yang baru saja mengikuti lomba di Dubai. Hingga Bernard Van Aert, atlet sepeda yang merupakan atlet PPLP angkatan pertama.

“Tentunya Kalbar sangat berbangga menjadi tuan rumah pada kali ini kejuaran nasional atlet PPLP/D SKO seluruh Indonesia, yang mana mereka sudah mempersiapkan diri untuk bertanding selama 5 hari ke depan,” ujarnya

“Ini juga sebagai apresiasi dari Kemenpora. Banyak atlet PPLP Kalbar yang berprestasi di tingkat nasional maupun internasional,” lanjut Windy.

Windi mengatakan, sangat penting menjaring dan mengkader atlet-atlet dari usia muda. Untuk itu disebutnya, Pemprov Kalbar memiliki asrama atlet PPLP dari beberapa cabor yang sudah ditetapkan oleh Kemenpora.

“Memang pentingnya kita merintis dan mengkaderkan atlet-atlet dari usia pelajar. Seperti yang kita ketahui bahwa Pemprov khususnya Disporapar Kalbar, tusi dari pembinaan olahraga untuk atlet pelajar, untuk itu kita ada asrama atlet PPLP yang merupakan pembinaan di beberapa cabor berdasarkan the bone yang memang sudah ditetapkan kemenpora,” ujarnya.

Baca Juga :  Pandemi Belum Usai, Fadel Muhammad Imbau Masyarakat Jangan Panik

Sementara itu, Pj Gubernur Kalbar Harisson berharap, event kejurnas ini dapat menciptakan dan memotivasi pengembangan pembinaan potensi olahraga atlet PPLP/PPLPD.

“Kita melaksanakan kejuaraan (cabor angkat besi) yang didukung oleh kementrian olahraga. Kita harapkan muncul atlet-atlet berprestasi binaan PPLP. Pemerintah provinsi Kalbar tetap mendukung bagaimana kita mendidik menciptakan atlet-atlet pelajar menjadi atlet yang berprestasi,” tukasnya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment