Pengkang dan Es Bongko Pontianak Ada di Rans Nusantara Hebat

KalbarOnline, Pontianak – Rans Nusantara Hebat, pusat kuliner terbesar di kawasan BSD, Jakarta, yang didirikan oleh artis Raffi Ahmad belakangan sedang ramai diminati pengunjung. Sebab di sana ada lebih dari 112 tenant kuliner yang menghadirkan banyak jajanan enak, termasuk pengkang dan es bongko, kuliner khas Pontianak, Kalimantan Barat.

Kuliner pengkang dan es bongko yang berada di Rans Nusantara Hebat tersedia di tenant AHAW Pontianak. Sama seperti di Pontianak, menu pengkang di sana diisi dengan ebi dan disajikan dengan sambal kerang yang khas. Harga satu kepit pengkang dibanderol Rp 35.000. Sementara es bongko, minuman segar dan manis ini dibanderol dengan harga Rp 30.000.

Sebagai informasi, pengkang adalah makanan sejenis lemper yang terbuat dari pulut atau ketan yang berisi udang ebi dan memiliki cita rasa yang unik. Makanan ini dibungkus dengan daun pisang berbentuk segi tiga sama kaki dan dijepit dengan bambu.

Baca Juga :  Capaian Vaksinasi Pontianak Tembus Target 80 persen Lebih

Makanan ini banyak diburu oleh wisatawan kuliner yang berkunjung ke Pontianak. Salah satu tempat menyantap kuliner pengkang yang terkenal berada di Desa Peniti, Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalbar.

Baca Juga :  MPW Pemuda Pancasila Kalbar Gelar Raker, Ini Fokus Pembahasannya

Sementara es bongko atau biasa dikenal dengan sebutan ati pari, merupakan salah satu sajian manis khas Pontianak, Kalimantan Barat. Bongko terbuat dari tepung hunkwe yang diolah serupa puding, lalu ditambahkan dengan beraneka pelengkapnya. Rasa es ini segar dengan kuah yang berlimpah, cocok dinikmati saat siang hari. (Lid)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment