Menelusuri Keindahan Air Terjun Saka Dua di Sanggau Kalimantan Barat

KalbarOnline, Sanggau – Kalimantan Barat terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau. Salah satu destinasi yang wajib dikunjungi adalah Air Terjun Saka Dua yang terletak di Kabupaten Sanggau.

Wisata air terjun ini menawarkan pengalaman petualangan yang memukau, mulai dari perjalanan menuju lokasi hingga pemandangan spektakuler yang disajikan oleh alam sekitarnya.

Kali ini, KalbarOnline akan menjelajahi keindahan dan pesona Air Terjun Saka Dua serta memberikan panduan praktis bagi para wisatawan yang ingin mengunjunginya.

Perjalanan menuju Air Terjun Saka Dua dimulai dari Desa Sungai Muntik. Para pengunjung harus menyiapkan stamina yang prima, karena perjalanan ini memerlukan usaha ekstra.

Dari desa tersebut, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 30 menit menggunakan perahu motor.

Perjalanan ini sendiri sudah merupakan pengalaman yang menyenangkan, dengan pemandangan sungai yang menenangkan dan alam yang masih asri.

Setelah tiba di titik pemberhentian perahu, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki selama kurang lebih satu jam. Medan yang dilalui cukup menantang, namun pemandangan yang disuguhkan sepanjang perjalanan membuat usaha tersebut sangat berharga.

Hutan yang masih alami, suara burung-burung, dan segarnya udara pegunungan akan menemani langkah Anda hingga tiba di air terjun.

Sesampainya di Air Terjun Saka Dua, semua lelah dan letih akan segera terbayar lunas.

Air terjun ini memiliki ketinggian yang mengagumkan dengan air yang mengalir jernih dan segar. Suasana sekitarnya yang masih alami memberikan kesan seolah-olah Anda berada di dunia yang berbeda, jauh dari hiruk pikuk kota.

Baca Juga :  4.120 Anggota Brimob Disiagakan Untuk Penanggulangan Bencana Alam

Keindahan alam yang ditawarkan oleh Air Terjun Saka Dua tidak hanya pada air terjunnya saja. Sekeliling air terjun dipenuhi dengan vegetasi hijau yang rimbun, menambah keasrian tempat ini.

Bagi pecinta fotografi, tempat ini menawarkan banyak spot foto yang instagramable. Anda bisa mengambil gambar dengan latar belakang air terjun yang megah atau dengan pemandangan alam sekitar yang menawan.

Selain menikmati pemandangan dan berfoto, ada beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Air Terjun Saka Dua. Pengunjung bisa berenang di kolam alami yang terbentuk di bawah air terjun.

Airnya yang segar dan jernih membuat berenang di sini menjadi pengalaman yang menyegarkan.

Bagi mereka yang suka berpetualang, trekking di sekitar air terjun bisa menjadi pilihan menarik. Ada banyak jalur alami yang bisa dijelajahi, memberikan kesempatan untuk lebih dekat dengan alam dan menikmati keindahan flora dan fauna setempat.

Jangan lupa membawa perlengkapan yang cukup dan tetap menjaga kebersihan selama berada di sana. Mengingat perjalanan yang cukup panjang dan medan yang menantang, pastikan Anda dalam kondisi fisik yang prima.

Baca Juga :  Satu WNA di Ketapang Jalani Perawatan di Ruang Isolasi RSUD Soedarso Pontianak

Bawa perbekalan seperti air minum, makanan ringan, dan obat-obatan pribadi. Jangan lupa membawa pakaian ganti jika berencana berenang.

Gunakan pakaian dan sepatu yang nyaman untuk trekking. Pakaian yang menyerap keringat dan sepatu trekking yang kuat akan sangat membantu.

Bawa kantong sampah sendiri dan jangan meninggalkan sampah di lokasi. Jaga keindahan dan kelestarian alam sekitar air terjun. Ikuti semua petunjuk dan panduan yang diberikan oleh pemandu lokal untuk memastikan keselamatan selama perjalanan.

Air Terjun Saka Dua terletak di Desa Sei Batu, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

Untuk menikmati keindahan alam yang ditawarkan, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang. Harga yang sangat terjangkau untuk pengalaman yang luar biasa ini.

Air Terjun Saka Dua adalah destinasi wisata yang sempurna bagi mereka yang mencari petualangan dan keindahan alam.

Perjalanan menuju lokasi mungkin cukup menantang, namun semua usaha akan terbayar dengan pemandangan yang memukau dan pengalaman yang tak terlupakan.

Jangan lupa untuk mempersiapkan diri dengan baik dan selalu menjaga kebersihan lingkungan selama berwisata. Selamat menikmati keindahan Air Terjun Saka Dua di Sanggau, Kalimantan Barat! (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment