Wakili Bupati Ketapang, Dharma Buka Penilaian dan Lomba Kelurahan se-Kalbar di Desa Istana

KalbarOnline, Ketapang – Mewakili Bupati Ketapang, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik, Dharma membuka kegiatan Penilaian Klarifikasi Lapangan Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Kalimantan Barat di Desa Istana, Kecamatan Sandai, Kamis, (30/05/2024).

“Ini merupakan Kebahagian dan kebanggaan bagi kami karena Desa Istana Kecamatan Sandai pada tahun 2024 ini, dapat mewakili Kabupaten Ketapang dalam rangka lomba Desa/Kelurahan tingkat Provinsi Kalimantan Barat,” ujar Dharma membacakan sambutan Bupati Ketapang dalam acara yang digelar di Lapangan Sepakbola Kantor Desa Istana tersebut.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

Lebih lanjut dirinya berharap, kehadiran tim penilai lomba dan rombongan membawa keberkahan tersendiri bagi Pemerintah Kabupaten Ketapang pada umumnya dan Desa Istana Kecamatan Sandai pada khususnya.

Baca Juga :  Kabupaten Ketapang Berhasil Capai Angka UHC

Dia menjelaskan, bahwa tujuan diadakannya lomba desa ini adalah untuk mengevaluasi secara menyeluruh dan terpadu kegiatan pembangunan desa, baik yang bersumber dari keuangan pemerintah maupun swadaya masyarakat dalam rangka memotivasi dan mengapresiasi budaya gotong royong.

“Kegiatan lomba desa juga merupakan perwujudan paradigma dari (visi-misi, red) ‘Membangun Desa Untuk Desa’,” katanya.

“Lomba desa juga dimaksudkan untuk menguatkan kerukunan masyarakat, melalui partisipasi, kerja sama serta kemandirian masyarakat dalam pembangunan desa yang ditandai dengan peningkatan kualitas kehidupan masyarakat di bidang ekonomi, sosial budaya, sosial politik, serta terpeliharanya lingkungan hidup yang mendukung pembangunan berkelanjutan,” paparnya.

Danang juga menguraikan, pelaksanaan lomba desa mempunyai berbagai macam keuntungan, seperti adanya evaluasi terhadap pengelolaan pemerintahan desa, di bidang pemerintahan telah menerapkan inovasi berbasis e-government, serta memiliki potensi sumber menjanjikan dan dapat daya yang cukup dikembangkan dalam upaya pemberdayaan, guna peningkatan perekonomian masyarakat desa itu sendiri.

Baca Juga :  Hardiknas 2021, Kadisdik Ketapang Ajak Semua Guru Sebagai Pegiat Merdeka Belajar

“Melalui lomba desa ini, saya berharap akan dapat memberikan motivasi kepada masyarakat untuk lebih partisipatif dalam mendukung program-program pembangunan desa, yang dicanangkan oleh pemerintah daerah dalam upaya peningkatan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat pedesaan,” pungkasnya. (Adi LC)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment