Pentingnya Kolaborasi PAUD dan SD Selaraskan Kurikulum

KalbarOnline, Ketapang – Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo membuka kegiatan Fasilitasi Bunda PAUD dan Sosialisasi Aksi Bersama Penguatan Implementasi Gerakan Transisi PAUD ke SD di Kabupaten Ketapang Tahun 2024, di Borneo Emerald Hotel Ketapang, Selasa (09/07/2024)

Sekda dalam sambutannya mengatakan, aksi bersama ini melibatkan berbagai pemangku kepentingan untuk memastikan transisi anak dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ke Sekolah Dasar (SD) berjalan mulus dan efektif.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

Lebih lanjut, ia menekankan pentingnya kolaborasi antara PAUD dan SD untuk menyelaraskan kurikulum, agar anak-anak tidak mengalami perbedaan dalam materi pelajaran.

Baca Juga :  Hari Pertama Kerja Tahun 2024, Sekda Ketapang Pimpin Rapat dan Melepas Purna Tugas ASN

“Peran guru PAUD dan SD juga sangat penting dalam mendukung anak secara emosional dan akademis selama masa transisi,” ujarnya.

Oleh karena itu, menurutnya transisi ini penting karena usia lahir hingga delapan tahun adalah masa krusial dalam mengembangkan kemampuan dasar anak.

Gerakan bersama ini, lanjut Alexander bertujuan melindungi hak anak untuk tumbuh, berkembang, dan dihargai baik di lingkungan pendidikan maupun di rumah.

“Peran guru dan pelatihan yang fokus pada strategi transisi yang efektif sangat dibutuhkan,” ucapnya.

Baca Juga :  Ketapang Bakal Terapkan Konsep Smart City

Selain itu, ia mengajak para orang tua untuk mendukung proses transisi ini dengan memberikan lingkungan belajar yang aman dan menyenangkan bagi anak-anak.

“Acara ini juga bertujuan memastikan setiap anak mendapatkan haknya dalam proses pendidikan sesuai porsinya. Kita harus memastikan bahwa anak-anak mendapatkan pengalaman belajar yang positif dan berkelanjutan,” pungkasnya. (Adi LC)

Comment