Menristek Sebut Ruang Kreasi untuk Talenta Inovator Nasional Minim

KalbarOnline.com – Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Soemantri Brodjonegoro mengungkapkan persoalan inovasi tanah air. Menurut dia talenta atau sumber daya manusia (SDM) inovator di Indonesia melimpah. Hanya saya mereka kurang mendapatkan ruang untuk menunjukkan kreativitas dan hasil inovasinya.

Keterangan tersebut ia sampaikan saat memberikan sambutan dalam penyelenggaraan BPPT Innovator Award 2020 Kamis (10/12) malam. Dia mengatakan belakangan ini sering terdengar banyak orang mengucapkan kata inovasi dan inovator di belakangnya.

’’Pertanyaanya apakah inovasi dan inovator sudah menjadi kebiasaan di Indonesia,’’ kata dia. Dia menunjukkan dalam sejumlah survei tingkat internasional, Indonesia lebih dikenal karena size atau ukuran marketnya yang besar. Indonesia selama ini dianggap pasar yang menjanjikan bagi para produsen.

Bambang mengatakan ke depan Indonesia harus bisa meningkatkan perekonomiannya dengan inovasi. Menurutnya jika terus menerus bersandar pada sumber daya alam (SDA) dan pasar yang besar, Indonesia akan sulit menjadi negara maju. Menurut dia sudah banyak contoh negara kelas menengah berhasil menjadi negara maju berkat inovasi anak bangsanya.

Baca Juga :  Pengunjung Heboh, Jokowi Ngopi di Aming Coffee Megamal

’’Talenta inovasi sebenarnya banyak di Indonesia. SDM juga luar biasa,’’ katanya. Yang menjadi masalah saat ini adalah kurangnya ruang kepada para talenta berbakat untuk keluar dengan kreativitas serta hasil inovasinya. Dia juga menegaskan bahwa inovasi sendiri membutuhkan proses panjang.

Bambang mengatakan ekonomi Indonesia harus kuat dengan basis inovasi. Tidak hanya dari efisiensi atau pemanfaatan SDA saja. ’’Mari bersama memberikan dukungan,’’ tuturnya. Menurut Bambang para inovator tersebut bekerja tidak semata karena urusan komersial atau finansial saja. Tetapi melakukan riset dan inovasi dengan sepenuh hati.

Baca Juga :  TNI Bakal Tindak Tegas Reuni 212, Pangdam: Kaya Paling Bener Sendiri

Baca juga: Menristek, Bambang Soemantri Brodjonegoro, Inovator

Sementara itu Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza mengatakan, pemberian penghargaan BPPT Innovator Award untuk mendorong dan memotivasi kepada semua pihak untuk terus berinovasi. Kemudian meningkatkan karyanya supaya bisa menjadi contoh setiap insan teknologi.

Dia mengatakan, total ada 187 karya inovasi yang masuk dalam seleksi. Kemudian 107 inovasi ditetapkan masuk dalam nominator. Hammam mengatakan di internal BPPT sendiri sudah banyak inovasi yang muncul belakangan ini. Mulai dari sistem peringatan dini tsunami, pesawat tanpa awak MALE Elang Hitam untuk pemantauan daerah perbatasan, proyek garam industri, pembangkit listrik tenaga sampah merah putih, sampai stasiun pengisian mobil listrik.

Saksikan video menarik berikut ini:

Comment