Usai Diresmikan Presiden, Harisson Harap Bandara Singkawang Segera Berfungsi

KalbarOnline, Singkawang – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bandar Udara (Bandara) Singkawang yang terletak di Kelurahan Pangmilang, Kecamatan Singkawang Selatan, Kalimantan Barat (Kalbar), pada Rabu (20/03/2023) pagi.

Penjabat (Pj) Gubernur Kalbar, Harisson yang turut mendampingi Presiden Jokowi kala itu menyampaikan harapannya agar Bandara Singkawang bisa segera berfungsi untuk masyarakat umum.

“Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Singkawang akan segera memfasilitasi seandainya ada maskapai yang akan melayani penerbangan dari beberapa kota menuju Singkawang,” katanya.

Harisson menjelaskan, untuk sementara, Bandara Singkawang memang hanya diperuntukan bagi penebangan Very Very Important Person (VVIP), bencana dan penelitian.

Baca Juga :  Nurdin Abdullah Beri Arahan Rakor Pembangunan Kehutanan Dinas Kehutanan Provinsi Sulsel

“Bandara ini kami harapkan akan ikut memacu pertumbuhan ekonomi di kawasan bandara Kota Singkawang maupun kawasan Singbebaswah (Singkawang, Bengkayang, Sambas, dan Mempawah),” pungkasnya.

Dalam sambutan saat peresmian bandara tersebut, Presiden Jokowi juga menyampaikan agar keberadaan bandara Singkawang bisa mempercepat mobilitas orang, barang dan logistik, dari dan ke Singkawang.

Pj Gubernur Kalbar, Harisson mendampingi Presiden RI, Jokowi meresmikan Bandara Singkawang, Rabu (20/03/2024). (Foto: Biro Adpim Pemprov Kalbar)

“Kami harapkan nanti akan muncul titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di Kota Singkawang,” katanya.

Presiden Jokowi juga berharap agar bandara tersebut bisa segera difungsikan secara optimal.

“Kalau bandaranya sudah siap, airport-nya sudah siap, segera Pak Menhub, segera disiapkan juga pesawat yang terbang ke sini. Sebanyak-banyaknya, asal penumpangnya penuh, asal penumpangnya penuh pasti akan semakin banyak airlines yang datang ke Singkawang,” pungkasnya.

Baca Juga :  DPR Desak Pemerintah Percepat Pemerataan Tenaga Listrik

Sebagai informasi, Bandara Singkawang sendiri memiliki runway (PCN) sepanjang 2.000 meter kali 30 meter. Kemudian memiliki fasilitas terminal penumpang seluas 8.000 meter persegi.

Publikasi informasi aeronautika per 7 Maret 2024 telah mempublikasikan data bandara Singkawang, dan effective date mulai 18 April 2024, dan telah terbit sertifikat Bandara Singkawang. Hal ini menunjukkan, bahwa bandara tersebut telah memenuhi standar keselamatan, keamanan, dan pelayanan jasa bandar udara. Sementara untuk jalan akses bandara Singkawang diperkirakan selesai pada akhir Maret 2024 ini. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment