Tiba di Singkawang, Presiden Jokowi Disambut Prosesi Adat Tepung Tawar

KalbarOnline, Pontianak – Presiden RI, Joko Widodo tiba di Bandara Singkawang, Kota Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat, sekitar pukul 09.00 WIB, Rabu (20/03/2024). Kehadiran orang nomor satu itu langsung disambut dengan tarian tidayu dan tarian barongsai yang dibawakan oleh putra-putri Kalbar.

Selain itu, Presiden Jokowi juga menerima pengalungan manik-manik khas Kalimantan dan pemakaian tanjak atau penutup kepala sebagai tanda ucapan selamat datang.

Hadir menyambut kedatangan Jokowi kala itu, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Pj Gubernur Kalimantan Barat Harisson, Pangdam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Iwan Setiawan, Kapolda Kalimantan Barat, Irjen Pol Pipit Rismanto, Danlanud Harry Hadisoemantri, Letkol Dion Aridito serta Pj Wali Kota Singkawang, Sumastro.

Baca Juga :  Rizieq Mudik, PA 212 Bakal Gelar Reuni di Monas Bulan Depan

Ketua Perkumpulan Ikatan Seni Budaya dan Zikir Nazam Kota Singkawang, Ashari Arhap menjelaskan, bahwa penyambutan tarian tiga etnis, yakni Tionghoa, Dayak dan Melayu tersebut melambangkan keharmonisan antar etnis di Singkawang.

“Kami memperkenalkan alangkah indahnya kami di sini, toleransi antar etnis kami terjaga, dan kami tingkatkan serta lestarikan agar budaya ini tak hilang ditelan zaman, baik dari Tionghoa, Dayak, dan Melayu ataupun etnis yang bermacam-macam di Kota Singkawang ini,” katanya.

Baca Juga :  Pj Gubernur Kalbar Buka Pasar Murah di Pasar Seroja Sanggau, Kendalikan Harga Bapok Jelang Nataru

Prosesi penyambutan kemudian dilanjutkan dengan adat ‘tepung tawar’ dan pembacaan doa. Setelahnya, Presiden Jokowi melakukan peninjauan sejumlah fasilitas, sarana dan prasarana yang ada di Bandara Singkawang.

Turut mendampingi PRESIDEN dalam peninjauan itu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN, Erick Thohir, Pj Gubernur Kalimantan Barat, Harisson, dan Pj Wali Kota Singkawang, Sumastro. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment