Dandim Sanggau bersama Kapolres Sekadau Pimpin Apel Gelar Pasukan PAM VVIP Kunjungan Presiden RI

KalbarOnline, Sekadau – Dandim 1204 Sanggau, Letkol Inf Putra Andika Trihatmoko bersama Kapolres Sekadau, AKBP I Nyoman Sudama memimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP menjelang kunjungan kerja Presiden RI di Kabupaten Sekadau.

Apel ini dilaksanakan di Lapangan EJ Lantu, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat, pada Rabu (20/03/2024) pagi.

Apel gelar pasukan dihadiri Danyonif 644/Wls, Mayor Inf Tiertona Arga, Danyon C Pelopor Satbrimob Polda Kalbar, Kompol Mujiono, Wakapolres Sekadau Kompol Riko Syafutra, Wadandenpom XII-1/Sintang, Mayor Cpm Basyuni. Peserta apel terdiri dari personel gabungan TNI, Polri, Satpol-PP, Dishub, Damkar dan Dinkes Kabupaten Sekadau.

Dalam amanatnya, Dandim 1204 Sanggau, Letkol Inf Putra Andika Trihatmoko, menyampaikan bahwa Presiden RI akan melaksanakan kunjungan kerja di wilayah Kabupaten Sekadau, pada tanggal 21 Maret 2024.

“Sehubungan dengan hal tersebut maka perlu diadakan apel gelar pasukan pengamanan VVIP sebagai wujud komitmen dan keseriusan kita, karena didalamnya melekat simbol negara yang sekaligus melambangkan kehormatan negara,” ujarnya.

Dandim menambahkan, bahwa apel gelar pasukan ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan dari masing-masing satgas gabungan terpadu, maupun sub satgas pengamanan secara keseluruhan baik personel, materiil maupun sarana pendukung lainnya. Sehingga rangkaian kegiatan kunjungan Presiden RI beserta rombongan di wilayah kabupaten Sekadau dapat berjalan tertib, aman dan lancar.

Baca Juga :  Gubernur Kalbar Minta Presiden Jokowi Terbitkan Perpu Cabut UU Omnibus Law Ciptaker

“Saya selaku Komandan Sub Satgas PAM VVIP yang sudah ditunjuk, dapat mengorganisir kekuatan dengan baik, menyampaikan tugas dengan jelas dan terperinci kepada anggota serta mampu mengendalikan situasi dan kondisi pelaksanaannya,” imbuhnya.

Kepada seluruh personel yang terlibat, Dandim Sanggau menegaskan agar memahami betul tugas-tugas secara detail, kesiapan, koordinasi yang baik, sigap dan cepat dalam merespon apabila terjadi dinamika di lapangan.

“Bersikap tegas dan terukur sesuai prosedur dan diharapkan untuk dapat bersikap humanis kepada masyarakat serta menyampingkan ego sektoral demi kepentingan dan kesuksesan tugas yang mulia ini,” tegasnya.

Sementara itu, Kapolres Sekadau, AKBP I Nyoman Sudama menambahkan, bahwa personel pengamanan kunjungan Presiden RI di Kabupaten Sekadau ini sebagai manifestasi keamanan negara.

“Ini adalah momentum untuk memberikan keamanan dan kenyamanan dalam rangka pengamanan kunjungan Presiden RI dan rombongan di Kabupaten Sekadau, yang akan dilaksanakan pada besok hari,” katanya.

Baca Juga :  KPK: ASN-Penyelenggara Negara Tak Boleh Terima Gratifikasi Imlek

Kapolres I Nyoman yang juga selaku Wadansubsatgas PAM VVIP menyampaikan, bahwa komando pengamanan dalam kegiatan kunjungan Presiden RI di Kabupaten Sekadau, yakni dari TNI. Dalam hal ini kepolisian berada di Ring 2 dan Ring III.

“Hendaknya kesempatan ini dapat digunakan sebaik-baiknya untuk menjalin kerjasama dan menjaga soliditas dalam kegiatan pengamanan, pengawalan maupun mobilisasi kegiatan kunjungan Presiden RI yang akan dimulai dari lapangan EJ Lantu, kemudian ke objek Pasar Flamboyan dan sampai di RSUD Sekadau serta kembali lagi ke lapangan EJ Lantu,” katanya.

“Rekan-rekan yang kami banggakan, selamat bertugas, jaga nama baik institusi, kami yakin kita semua mampu dan sudah siap untuk melaksanakan kegiatan pengamanan. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan kesehatan, kekuatan dan kemudahan untuk kita semua hingga semua rangkaian kegiatan pengamanan bisa berjalan aman dan lancar,” tutup I Nyoman Sudama. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment