by

Jokowi Perintahkan Menteri PUPR Lebarkan Akses Jalan Pelabuhan Internasional di Mempawah

KalbarOnline, Mempawah – Presiden Joko Widodo meminta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan pelebaran akses jalan dari Pelabuhan Internasional di Kabupaten Mempawah menuju Kota Pontianak.

Hal itu disampaikan Jokowi saat meresmikan pembangunan Terminal Kijing Pelabuhan Pontianak yang terletak di Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat, pada Selasa, 9 Agustus 2022.

Pelebaran jalan yang diminta Jokowi itu dimaksudkan agar perjalanan kendaraan pengangkut kontainer bisa berjalan dengan lancar.

“Ini Pak Menteri PU hadir, diselesaikan sekalian, sehingga perjalanan kontainer maupun yang nonpeti kemas bisa lancar dan tujuan akhir kita memperkuat daya saing itu bisa kita lakukan,” ungkapnya.

Sebelumnya Gubernur Kalbar Sutarmidji turut mengungkapkan bahwa, nantinya jalan di depan kawasan pelabuhan akan digunakan untuk operasional Pelindo. Sebagai gantinya, Pelindo nanti akan membangun jalan baru sepanjang enam kilometer sampai ke Sungai Duri sebagai akses baru bagi masyarakat.

“Nanti jalan yang di depan itu akan digunakan untuk intern Pelindo, kemudian Pelindo akan bangun jalan lain, akses lain sepanjang enam kilometer. Sehingga operasional Pelindo tidak terganggu,” ungkapnya.

Midji juga mengatakan bahwa, sudah saatnya pemerintah pusat bersama pemerintah provinsi meningkatkan daya dukung jalan. Baik jalan provinsi maupun jalan nasional. Lantaran nantinya akan banyak dilalui kontainer berukuran besar seiring dengan aktivitas pelabuhan.

“Sudah saatnya. Karena pasti akan menggunakan kontainer berukuran besar minimal 40 feet,” imbuhnya.

BACA JUGA:  Jokowi: Bulan Puasa Vaksinasi Akan Dilakukan Malam Hari

Comment