Arahan Presiden Jokowi pada Rakernas XVII Apeksi

KalbarOnline, Balikpapan – Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVII Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) di Dome BSCC Balikpapan, Selasa (04/06/2024).

Dalam arahannya, Jokowi menekankan pentingnya perencanaan kota secara detail, guna mencegah masalah perkotaan yang kian berat di masa depan. Pasalnya, di tahun 2045, 70 persen penduduk diprediksi akan ada di perkotaan sehingga beban kota akan menjadi sangat berat.

Pj Wali Kota Pontianak, Ani Sofian mengatakan, bahwa sebagaimana arahan Presiden RI, Pontianak sebagai satu di antara kota di Indonesia sudah mulai mempersiapkan rancangan kota secara terperinci sebagai antisipasi dampak-dampak negatif yang kerap dialami sebuah kota, seperti masalah tingginya angka pengangguran dan tunawisma.

Baca Juga :  Gubernur Sutarmidji Bersama Mahasiswa dan Buruh Tolak Omnibus Law Cipta Kerja

“Oleh sebab itu, rancangan detail sudah harus dipersiapkan sehingga Pontianak bisa menjadi kota yang nyaman dihuni dan disenangi oleh siapa pun yang berkunjung ke kota ini sebagaimana yang disampaikan Bapak Presiden,” ujarnya usai menghadiri pembukaan Rakernas XVII Apeksi.

Dalam mewujudkan kota yang nyaman (liveable) dan disenangi (loveable), Ani Sofian bilang, bahwa pembangunan infrastruktur dan pelayanan publik harus dilakukan secara simultan. Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak berkomitmen untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Kota Pontianak dengan memberikan pelayanan publik yang prima, infrastruktur yang memadai.

“Tentunya juga yang tak kalah penting bagaimana memberdayakan potensi lokal untuk menciptakan kesejahteraan bagi seluruh warga,” ungkap Ani Sofian.

Baca Juga :  Presiden Jokowi: Indonesia Konsisten Dukung Palestina Merdeka

Dirinya yakin bahwa mencapai tujuan menjadikan kota-kota di Indonesia nyaman dihuni dan disukai, memerlukan kerjasama yang erat antara pemerintah, swasta, akademisi, dan masyarakat. Dia mengajak seluruh elemen tersebut untuk bersatu dalam upaya meningkatkan kualitas hidup di Kota Pontianak.

“Saya mengajak seluruh masyarakat dan stakeholder untuk terus berupaya mengubah Kota Pontianak menjadi kota yang nyaman, dinamis, dan berdaya saing tinggi, serta menjadi inspirasi bagi kota-kota lain di Indonesia,” tutup Ani. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment