Wagub Kalbar Hadiri Indonesia Maju Expo And Forum Tahun 2023

KalbarOnline, Jakarta – Wakil Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Ria Norsan menghadiri Indonesia Maju Expo and Forum Tahun 2023, di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Kamis (01/06/2023).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri itu dimulai dari tanggal  1 hingga 4 Juni 2023, dengan tujuan untuk mempromosikan produk-produk unggulan daerah yang ada di Indonesia.

Wagub Ria Norsan mengungkapkan, kegiatan Indonesia Maju Expo and Forum ini dalam rangka membangkitkan produk-produk UMKM unggulan di setiap daerah pasca Pandemi Covid-19 yang sempat melanda bangsa Indonesia.

“Dengan adanya Indonesia Maju Expo dan Forum ini, mendorong iklim perekonomian lokal yang berorientasi kepada ekspor produk ke luar negeri dan untuk  membangkitkan UMKM di daerah dengan produk unggulannya serta mengajak masyarakat menggunakan produk dalam negeri yang mana kualitasnya tidak kalah dengan produk luar negeri,” ungkapnya.

Tak hanya itu, menurutnya dengan meningkatnya produk-produk UMKM, dapat membantu perekonomian Indonesia menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya. Sehingga dapat menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat di daerah khususnya di Provinsi Kalimantan Barat.

Baca Juga :  BMKG Ingatkan Potensi Curah Hujan Tinggi Dampak Sejumlah Fenomena Alam

“Provinsi Kalbar memiliki banyak produk unggulan yang ditampilkan seperti madu kelulut, madu mangrove, pisang salai, tas kulit kepuak, tenun ikat cintamani, tikar senggang, bakul bemban batu, patung kayu ulin, kain songket sambas dan produk lainnya yang memiliki nilai yang cukup tinggi bagi para UMKM yang ada di Kalbar,” terangnya.

“Besar harapan, para pegiat UMKM bisa menghasilkan produk unggulannya dan terkenal di nasional dan internasional sehingga bisa mandiri serta sejahtera,” tambahnya.

Sementara itu Direktur Ketahanan Ekonomi, Sosial dan Budaya Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Republik Indonesia, Aang Witarsa Rofik mengutarakan, bahwa kegiatan Indonesia Maju Expo and Forum Tahun 2023 digelar bertujuan mendukung pemulihan ekonomi nasional dengan memperkuat penggunaan produk dalam negeri yang dihadirkan pelaku UMKM melalui skema Bangga, Cinta dan Pakai Produk Indonesia.

Baca Juga :  Gubernur Kalbar Wacanakan Pembangunan Situs Syekh Ahmad Khatib Sambas

“Kegiatan ini guna mewujudkan kedaulatan secara politik, kemandirian ekonomi dan bangsa yang berkepribadian dalam kebudayaan,” ungkap Aang.

Sebagai informasi, Indonesia Maju Expo and Forum Tahun 2023, diikuti sebanyak 118 peserta pameran dan 1.000 undangan yang terdiri dari perwakilan BUMN, BUMD, kementerian/lembaga pusat, pemerintah daerah, dan para pegiat UMKM serta Industri Strategis Nasional dan Daerah. (Jau)

@kalbaronline

Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji membuka Festival Kapuas Award 2023. Berbagai macam perlombaan digelar, mulai dari catur, bridge, hingga kano. Kegiatan ini dipusatkan di Kampung Wisata Caping, Gang H. Salmah, Imam Bonjol, Pontianak, mulai dari 2-4 Juni 2023. — Ikuti Fanspage Facebook, Twitter, dan YouTube kami di KalbarOnline.com. — #kalbaronline #tahudarikalbaronline #kalbaronlinedotcom

♬ suara asli – kalbaronline – kalbaronline

Comment