Sebuah Catatan Perjalanan

Lokasi: Lembor, Manggarai, NTT (Foto: MHZ)
Lokasi: Lembor, Manggarai, NTT (Foto: MHZ)

Secercah Mentari di Tanah Flores

Oleh : Ahyudhi Ricky S

KalbarOnline, Serbaneka – Berbicara tentang Flores maka orang akan berpikiran tentang Labuan Bajo, Komodo, Pantai dan Kelimutu. Yap, betul sekali, tempat-tempat tersebut merupakan tempat wisata ikonik di Flores. Namun masih banyak tempat wisata lain yang selama ini luput dari ekpos media sehingga orang tidak tahu.

Di tulisan ini akan saya ceritakan perjalanan saya selama satu bulan dari Depok menjelajah tanah Flores dengan ‘kuda besi” saya yaitu honda CB 100. Perjalanan ini sudah direncanakan dari 6 bulan yang lalu.

Perjalanan jauh ini sudah saya rencanakan 6 bulan sebelumnya sehingga persiapannya sangat matang. Perjalanan ini melalui jalan darat dan laut dimulai dari Depok tanggal 18 Januari 2018 hingga berakhir kembali tanggal 17 Februari 2018. Total ada 5 kepulauan yang kita lewati yaitu Pulau Jawa, Pulau Bali, Pulau Lombok, Pulau Sumbawa, dan Pulau Flores.

Hari ke-1 (18 Januari 2018)

Titik awal perjalanan saya dimulai dari rumah di daerah Tapos, Depok pukul 13.30. Hujan mengguyur daerah tempat tinggal saya tepat sebelum dimulai perjalanan itu. Tapi tidak menyurutkan niat saya untuk mengawali perjalanan ini.

Hari pertama target saya adalah sampai di Tembalang, Kota Semarang, disana sudah ada Yudha, adik saya yang yang siap menampung dan ikut menjelajah tanah Flores. Rute Perjalanan saya Depok – Cikampek – Cirebon – Tegal- Pekalongan – Batang – Kendal – Semarang.

Di Cirebon saya menyempatkan beristirahat dan bersilaturahmi dengan teman-teman Indocement Cirebon. Kawan- kawan perjuangan dahulu kala di jaman Management Trainee. Akhirnya setelah ratusan kilometer saya lewati sampai juga di Tembalang, Kota Semarang pukul 04.00 WIB. Saatnya istirahat!!!

Lokasi: Rumah Makan Nasi Jamblang, Palimanan, Cirebon (Foto: MHZ)
Lokasi: Rumah Makan Nasi Jamblang, Palimanan, Cirebon (Foto: MHZ)

Tinggalkan Komentar