Sebuah Catatan Perjalanan

Hari ke-4 (21 Januari 2018)

Lokasi: Kapal Ferry, dermaga LCM, pelabuhan Ketapang, Banyuwangi (Foto: MHZ)

Pagi itu kita mulai berkemas dan bersiap untuk memulai perjalanan menuju Pulau Bali. Ternyata trouble pertama kita dapatkan. Ban belakang motor Yudha kempes, dan saya coba menambah angin menggunakan kompresor portable yang saya bawa.

Ternyata muncul masalah kedua yaitu pengisian aki motor saya bermasalah. Akhirnya kita bergegas mencari tukang tambal ban untuk menambah angin ban belakang motor Yudha, untuk sementara permasalahan motor saya abaikan.

Kita akhirnya menyebrang melalui dermaga LCM dan benar saja perjalanan kami menyeberangi pulau Bali hanya 20 menit saja. Sesampainya di pelabuhan Gilimanuk kita sarapan untuk mengisi tenaga kita membelah pulau Bali. Target awal kita adalah menyebrang hingga pulau Lombok.

Namun apa daya kita tertahan oleh bujukan kawan dan saudara kita di Bali untuk menginap semalam. Akhirnya kita putuskan untuk menginap di Denpasar semalam sambil menghilangkan Lelah dan bersilaturahmi bersama kawan dan saudara.

Baca Juga :  Lebih Hemat Mana, Rokok Tembakau atau Rokok Elektrik?

Hari ke-5 (22 Januari 2018)

Pagi itu mentari bersinar cerah, secerah hati kita yang bersiap melanjutkan perjalanan. Bermodalkan nasi rames yang sudah disediakan oleh Puput, saudara sepupu yang kebetulan tinggal di Bali kita bersiap menarik laju kuda besi kita menyisir pulau Bali.

Hari ini tujuan kita bisa mendarat di Pulau Lombok. Awalnya kita rencanakan untuk menginap di salah satu kerabat Indocement terminal Lombok, yaitu pak Dian, tetapi berdasarkan pertimbangan waktu akhirnya kita rubah haluan dengan melanjutkan sampai di Sumbawa Besar.

Perjalanan dari Denpasar kita tempuh dalam waktu 1 jam menuju pelabuhan Padang Bai dan kita menyeberang menuju pulau Lombok. Perjalanan Laut untuk ke pulau Lombok cukup nyaman walaupun waktu tempuhnya mencapai 4 jam.

Baca Juga :  Duh, Gusi Jadi Sering Berdarah selama Hamil!

Sesampainya di Lombok, kami sempatkan mampir di terminal Indocement Lombok untuk bersilaturahmi dengan teman-teman disana. Alhamdulillah tali silaturahmi tetap terjalin, walaupun dalam waktu yang sangat singkat.

Lokasi: Terminal Indocement, Pelabuhan Lembar, Lombok, NTB (Foto: MHZ)

Tepat pukul 17.00 kami lanjutkan perjalanan kami menuju pelabuhan Kayangan, Lombok Timur untuk melanjutkan misi ke arah pulau Sumbawa. Disana kita sudah siap disambut oleh kawan kita yang kebetulan bekerja di Pertamina Sumbawa Besar.

Pukul 18:58 sampailah kita di pelabuhan Kayangan dan melanjutkan penyeberangan melalui kapal Ferry selama 2 jam dan lanjut perjalanan darat. Akhirnya tepat pukul 23.45 WITA kita lepas landas di kota Sumbawa Besar.