Penggiat Film Serumpun Sinema Gelar Nobar “Paradigma” di Event Keramean Market Ramadhan

KalbarOnline, Ketapang – Komunitas Penggiat Film Serumpun Sinema turut meramaikan event Keramean Market Ramadhan yang diadakan di Warkop Kekili 2.0 dengan nonton bareng (nobar) serta diskusi film, pada Kamis (28/03/2024) malam.

Film yang ditayangkan tersebut merupakan film pendek berjudul “Paradigma”. Film yang diproduksi oleh anak-anak Ketapang ini telah beberapa kali meraih penghargaan sebagai film terbaik 1, sutradara terbaik, aktor terbaik dan film favorit pada ajang Film Pelajar Khatulistiwa tingkat SMA pada Desember 2023 lalu.

Kegiatan nobar dan diskusi film tersebut ikut dihadiri oleh sejumlah anggota Serumpun Sinema, seperti Ketua Komunitas Serumpun Sinema, Rio Marisa, Wakil Ketua, Fajar Febrian yang juga kerap terlibat pada Director Of Photography (DOP), Ketua Tim Kaderisasi, Rizky Orama yang juga penulis naskah dan sutradara.

Dalam diskusi yang dipandu oleh Owner Kekili Kopi, Dewa Gede Irawan tersebut, Rio Marisa menyampaikan asal-usul terbentuknya Komunitas Serumpun Sinema yang didasari oleh kesamaan visi dan keinginan para anggota untuk merangkul para penggiat film untuk menyalurkan hobi dan keinginan melalui sebuah karya.

Baca Juga :  Pengurus IOF Ketapang Masa Bakti 2022 - 2026 Resmi Dilantik

Serumpun Sinema, lanjut Rio, merupakan wadah bagi para penggemar dan pelaku perfilman serta mereka yang memiliki passion terhadap seni visual. Komunitas ini berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan industri film, memberikan nilai edukasi serta menghargai keragaman dalam hal genre, gaya dan pandangan tentang dunia.

Rio berpandangan, seiring dengan perkembangan teknologi dan budaya, seni film telah menjadi salah satu media paling kuat dalam menyampaikan pesan, menginspirasi dan mengedukasi masyarakat. Menurutnya, film bukan hanya sekadar hiburan semata, tetapi juga sebuah wadah yang penuh potensi untuk mengubah pandangan dunia dan memperluas wawasan manusia tentang kehidupan, sejarah dan masyarakat.

Baca Juga :  Badan Anggaran DPRD Gelar Rapat Finalisasi KUA-PPAS P-APBD dengan TAPD

“Harapan kami dengan terbentuknya Serumpun Sinema merupakan langkah awal dalam upaya mengembangkan dan mengeksplore potensi Ketapang melalui karya film yang bertujuan untuk mengangkat cerita-cerita yang tidak hanya menghibur, tetapi juga memberikan nilai edukasi bagi masyarakat,” tuturnya.

Serumpun Sinema percaya, bahwa media film mampu menjangkau audiens yang lebih luas dan memberikan pengalaman yang mendalam, mengajak mereka untuk merenung, memahami dan merasa terhubung dengan berbagai isu penting dalam masyarakat.

Sebelumnya, event Keramean Market Ramadhan sendiri diselenggarakan oleh Kekili 2.0 yang berkolaborasi dengan @lazone.id dan Mobile Stage. Kegiatan yang dilaksanakan pada 23 – 30 Maret 2024 ini merangkai beberapa kegiatan, diantaranya bazar pakaian, pementasan musik dari band, Hadrah, keroncong hingga kasidah dan diskusi edukasi. (Adi LC)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment