Cara Mudah Menyusun Liburan Agar Lebih Terencana

56

Travel – merupakan momen penting untuk bisa terlepas dari rutinitas sehari-hari. Seyogyanya, Anda menyusun liburan jauh-jauh hari agar rencana berlibur tidak berantakan. Dari pemilihan destinasi wisata, tempat menginap, hingga transportasi yang harus digunakan. 

Supaya liburan Anda lebih terencana, berikut ini 5 cara mudah menyusun liburan yang harus Anda ketahui. 

Tentukan Tujuan Liburan

Banyaknya tempat wisata kerap kali memicu kebingungan dalam menentukan tempat berlibur. Solusi bijaknya adalah menyesuaikan dengan budget. Tapi, tahukah Anda? Selain menyesuaikan dengan anggaran berlibur, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan supaya pemilihan tempat berlibur bisa sesuai keinginan. 

  1. Tentukan alasan berlibur 

Pertama-tama, tentukan alasan mengapa Anda ingin berlibur. Apakah ingin menikmati pemandangan alam, mengunjungi wisata terkenal, atau mengunjungi tempat-tempat bersejarah. Metode ini akan mempermudah Anda dalam memutuskan tempat yang ingin dikunjungi. 

2. Tulis daftar tempat yang ingin dikunjungi 

Bila Anda berlibur sendiri, setelah menentukan alasan berlibur, buatlah daftar tempat yang paling ingin dikunjungi. Hal ini juga berlaku ketika Anda berlibur bersama teman atau keluarga. Mintalah mereka untuk menuliskan tempat mana saja yang ingin dikunjungi. 

3. Diskusikan destinasi wisata

Ketika berlibur bersama teman dan keluarga, Anda harus meluangkan waktu beberapa hari atau beberapa minggu untuk mendiskusikan destinasi wisata yang tepat dan hari keberangkatan yang sesuai dengan jadwal anggota liburan. 

4. Kumpulkan informasi biaya perjalanan 

Jika sudah menentukan tempat tujuan wisata, langkah selanjutnya adalah mencari informasi biaya perjalanan dan tempat menginap. Hal ini berguna untuk menentukan budget liburan Anda. Supaya lebih tertata, pastikan bahwa Anda turut menghitung biaya bersenang-senang dan biaya makan. 

Menentukan Rencana Perjalanan

Menyusun liburan supaya lebih terencana tidak cukup dengan pemilihan tempat wisata. Anda perlu menentukan rencana perjalanan agar bisa memesan tiket jauh-jauh hari. 

  1. Bandingkan harga tiket pesawat 

Bagi Anda yang berlibur menggunakan pesawat, buatlah perbandingan harga tiket dari beberapa maskapai penerbangan. Sekalipun itu penerbangan domestik, harga tiket akan naik turun setiap harinya, Anda bisa lihat promo tiket pesaawat di Traveloka di https://www.traveloka.com/id-id/tiket-pesawat

2. Gunakan online travel agent

Urusan berlibur semakin mudah dengan adanya online travel agent. Menggunakan online travel agent semacam Traveloka, memungkinkan Anda untuk memperoleh tiket pesawat  dengan harga murah dan mudah. Hal ini dapat menghemat budget Anda. 

3. Pertimbangkan semua transportasi yang dibutuhkan

Transportasi menjadi hal krusial selama berlibur. Oleh sebab itu, Anda perlu memikirkan transportasi apa yang akan digunakan untuk menuju hotel setelah Anda tiba di bandara. Lebih jauh, Anda perlu membuat rencana selama berada di kota tujuan. Seperti tempat wisata mana saja yang akan Anda kunjungi di hari pertama, kedua dan seterusnya. Bila memang diperlukan, Anda dapat menyewa kendaraan untuk bisa menjangkau banyak tempat selama berlibur. 

Mencari Hotel untuk Menginap

Teknologi yang kian canggih memungkinkan Anda untuk mencari tempat menginap sebelum tiba di tempat tujuan. Kendati demikian, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat mencari hotel. 

  1. Online travel agent untuk memesan hotel

Online travel agent seperti Traveloka menjadi solusi pas dalam merencanakan liburan. Terlebih bagi Anda yang tidak mempunyai banyak waktu luang. 

Selama mencari penginapan, bandingkan tarif hotel, kelas, dan fasilitas apa saja yang bisa Anda dapatkan. Bila Anda ingin lebih hemat, Anda bisa menggunakan penawaran pesawat+hotel. 

2. Pertimbangkan lokasi hotel 

Saat mencari penginapan, Anda perlu mempertimbangkan lokasinya apakah dekat dengan jalur kendaraan umum atau tidak. Semakin strategis lokasi hotel, semakin mudah bagi Anda untuk menjangkau tempat-tempat wisata lainnya. Selain itu, perimbangkan pula berapa lama Anda akan menginap. 

Menyusun Rencana Kegiatan 

Tahapan selanjutnya agar liburan Anda lebih terencana adalah menyusun rencana kegiatan selama di tempat tujuan. Bila Anda pergi bersama teman atau keluarga, pastikan memilih kegiatan yang melibatkan semua orang. 

Meski begitu, jangan lupa untuk menentukan tempat tujuan yang menjadi prioritas utama. Supaya tidak terlupa, masukkan rencana paling penting dalam daftar teratas.

Packing dan Persiapkan Keberangkatan 

Bila rencana berlibur sudah Anda susun dengan matang, hal selanjutnya adalah packing. Buatlah daftar apa saja yang harus Anda bawa. Seperti pakaian, obat-obatan, hingga makanan yang bisa Anda jadikan cemilan selama di perjalanan. 

Tinggalkan Komentar

Loading...