Lindungi Diri dari Penyakit dengan Membudayakan Cuci Tangan

KalbarOnline, Pontianak – Tidak semua orang menyadari bahwa kebiasaan mencuci tangan dengan baik dan benar memberikan banyak keuntungan untuk kehidupan sehari-hari. Padahal, tangan merupakan inang yang sempurna bagi bakteri dan virus untuk menyebabkan penyakit menular.

Hal tersebut diungkapkan oleh Nuryana AMd Kep, ketika memberikan edukasi tentang cuci tangan kepada 20 pasien dan pengunjung di UPT Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Syarif Mohamad Alkadrie (SSMA) Kota Pontianak, Kamis (22/02/2024)

“Proses penyebaran kuman dan bakteri berlangsung cepat, baik dari orang ke orang lain maupun dari benda yang sudah terkontaminasi. Jika kuman sudah masuk ke dalam tubuh, hal ini dapat membuat kita sakit,” jelas Nuryana.

Baca Juga :  Tiba di Pontianak, Once Dewa 19: Orang Sini Asik dan Ramah

Kebiasaan mencuci tangan dengan baik dan benar (dengan 6 langkah) akan memberikan manfaat berupa pencegahan penularan penyakit secara efektif.

Edukasi tentang cuci tangan kepada 20 pasien dan pengunjung di UPT Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Syarif Mohamad Alkadrie (SSMA) Kota Pontianak, Kamis (22/02/2024). (Foto: Humas/RSUDSSMA/2024)
Edukasi tentang cuci tangan kepada 20 pasien dan pengunjung di UPT Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Syarif Mohamad Alkadrie (SSMA) Kota Pontianak, Kamis (22/02/2024). (Foto: Humas/RSUDSSMA/2024)

“Pada dasarnya, mencuci tangan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu menggunakan sabun dan air mengalir (handwash) atau menggunakan cairan yang mengandung alkohol 60-70% (handrub),” terangnya.

Baca Juga :  Raih Kalpataru Kategori Kota Besar se-Kalbar

Namun, perlu diingat, bahwa handrub bukanlah pilihan utama dalam membersihkan tangan. Salah satu cara yang paling efektif adalah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Nuryana menambahkan, bahwa beberapa penyakit dapat dicegah dengan rajin mencuci tangan, antara lain diare, keracunan makanan, hepatitis A, pneumonia, flu, serta infeksi lainnya.

“Mari budayakan cuci tangan yang baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari agar terhindar dari berbagai penyakit,” tutupnya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment