Sosialisasi Santai ala Sipede, Inovasi Terbaru Diskominfo Pontianak 

KalbarOnline, Pontianak – Dalam upaya memperkenalkan kebijakan Pemerintah Kota Pontianak secara lebih dekat dengan masyarakat, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Pontianak memperkenalkan inovasi terbaru mereka, yakni Sosialisasi Kebijakan Pemerintah Daerah (Sipede).

Sipede menawarkan pendekatan yang santai dan nyaman dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Berbeda dengan sosialisasi konvensional, program ini melibatkan konten kreator untuk menyebarkan informasi kebijakan pemerintah kepada masyarakat.

Kadiskominfo Kota Pontianak, Zulkarnain menjelaskan, Sipede tidak hanya dilakukan secara online melalui media sosial, tetapi juga melalui pertemuan langsung di berbagai kelurahan.

Baca Juga :  Tantang HCX di Partai Final Piala Sultan Pontianak, Paradox Esport: Pegangan Aja

“Kami akan keliling ke kelurahan-kelurahan untuk berdiskusi dengan masyarakat tentang program terkini Pemkot Pontianak,” katanya, Kamis (22/02/2024).

Dalam acara sosialisasi, masyarakat diberikan kebebasan untuk bertanya tentang segala hal terkait program pemerintah. Setiap kegiatan sosialisasi memiliki tema diskusi dan narasumber yang siap menjawab setiap pertanyaan.

Proses sosialisasi kebijakan pemerintah kepada masyarakat dengan pendekatan informal. (Foto: Kominfo Pontianak)

Menurut Zulkarnain, pendekatan langsung seperti ini sangat efektif, terutama untuk menyampaikan informasi kepada mereka yang tidak aktif di media sosial.

“Sosialisasinya seperti ngerumpi saja layaknya keluarga biar pesannya mudah dipahami,” ungkapnya.

Salah satu tujuan Sipede adalah untuk melibatkan partisipasi masyarakat dalam proses pembuatan kebijakan pemerintah. Dengan melibatkan ibu-ibu sebagai pusat informasi di keluarga, diharapkan informasi terkait kebijakan pemerintah dapat lebih mudah disebarkan.

Baca Juga :  Disdukcapil Terbitkan Suket Pengganti KTP-el

Rita Rustiatari (49 tahun), seorang ibu dan Ketua PKK Kelurahan Bansir Darat Kecamatan Pontianak Tenggara, memberikan apresiasi terhadap program Sipede. Menurutnya, pendekatan ini sangat efektif dalam menyebarkan informasi terkait kebijakan pemerintah.

“Saya mendukung kegiatan Sipede juga ikut dilaksanakan di wilayah lainnya di Kota Pontianak,” tukas Rita. (Indri)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment