Kabupaten Garut Timba Ilmu Inovasi di Kota Pontianak

KalbarOnline, Pontianak – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak dalam rangka untuk menimba ilmu dari sisi pengembangan inovasi daerah yang telah dilakukan oleh Pemkot Pontianak.

Kedatangan rombongan yang dipimpin langsung oleh Bupati Garut, Rudy Gunawan itu disambut oleh Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono yang didampingi Sekretaris Daerah Kota Pontianak, Mulyadi dan sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Ruang Pontive Center, Rabu (29/11/2023).

IKLANBANKKALBARIDULADHA

Atas nama Pemkab Garut, Bupati Rudy Gunawan menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran Pemkot Pontianak atas sambutannya dalam kunjungan kerja dirinya bersama sejumlah kepala perangkat daerah.

Jujur, Bupati Rudy mengatakan, kalau maksud dan tujuan kedatangan mereka adalah ingin mendengar dan menimba langsung bagaimana kiat-kiat dan strategi yang dilakukan Pemkot Pontianak dalam pengembangan inovasi daerah.

Bupati Garut, Rudy Gunawan berbincang akrab dengan Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono dan Wakil Wali Kota Pontianak, Bahasan dan Sekda Kota Pontianak, Mulyadi. (Foto: Prokopim Pontianak)
Bupati Garut, Rudy Gunawan berbincang akrab dengan Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono dan Wakil Wali Kota Pontianak, Bahasan dan Sekda Kota Pontianak, Mulyadi. (Foto: Prokopim Pontianak)

“Di ruangan command center (Pontive Center) ini salah satunya, yang bisa menampilkan pantauan kamera CCTV. Ini salah satu inovasi yang mungkin akan kita tiru ke depan,” ungkapnya.

Baca Juga :  Pj Wako Ani Sofian Hadiri Rakornas Bahas Kerja Sama Pemda dan IKN

Rudy menambahkan, pihaknya berencana mengembangkan beberapa lokasi yang akan menjadi pusat perkotaan di kabupaten yang dipimpinnya. Jika dilihat dari geografis wilayahnya, antara Kabupaten Garut dan Kota Pontianak punya kemiripan, yakni keduanya sama-sama terbelah oleh sungai, yakni Sungai Cimanuk di Garut dan Sungai Kapuas di Pontianak.

Dalam kunjungan itu, Bupati Rudy bersama rombongan juga sempat menikmati keindahan Sungai Kapuas dengan menyusurinya menggunakan kapal wisata.

“Kami melihat adanya pembangunan duplikasi jembatan yang tengah dikerjakan, semoga pembangunannya cepat selesai dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” tuturnya.

Foto bersama jajaran Pemkab Garut dan Pemkot Pontianak. (Foto: Prokopim Pontianak)
Foto bersama jajaran Pemkab Garut dan Pemkot Pontianak. (Foto: Prokopim Pontianak)

Semetara itu, Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono memaparkan, kalau Pemkot Pontianak tanpa henti terus mencetak inovasi-inovasi dalam rangka meningkatkan pelayanan publik dengan mendorong ASN untuk berinovasi sebanyak-banyaknya. Jumlah inovasi yang ada di lingkup Pemkot Pontianak kini hampir mencapai 200 inovasi di tahun 2023 pada 67 unit kerja.

Baca Juga :  Sekda Kalbar Sebut Gereja Stella Maris Siantan Pontianak Bisa Jadi Wisata Rohani Unggulan

“Pada intinya, inovasi-inovasi tersebut bertujuan memberikan kemudahan-kemudahan bagi pelayanan publik di Kota Pontianak ini,” sebutnya.

Berdasarkan data, Indeks Inovasi Daerah Kota Pontianak 2023 tercatat 58,98 dan masih termasuk kategori kota yang inovatif. Edi bilang, inovasi-inovasi tersebut juga diikutsertakan dalam penilaian yang dilakukan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi serta masuk dalam Top 40 dan Top 99.

“Beberapa inovasi unggulan ada yang diikutsertakan dalam penilaian inovasi di pusat,” katanya. (Indri)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment