Dinkes KB Kayong Utara Gelar Sosialisasi Pengenalan Vaksin Anak

KalbarOnline, Kayong Utara – Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Dinkes KB) menggelar sosialisasi Introduksi Imunisasi HPV, JE, RV dan Pelaksanaan Pekan Imunisasi (Pijar), di Mahkota Hotel, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Rabu (09/08/2023).

Hadir dalam kesempatan itu, Bupati Kayong Utara, Citra Duani, Sekretaris Daerah Kabupaten Kayong Utara, Romi Wijaya, Manager Yayasan Ronald McDonald House Charities (RMHC) Indonesia, Rini T Wardani, TNI, jajaran Polri dan Apdesi Kayong Utara.

Dalam kesempatannya, Bupati Kayong Utara, Citra Duani mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi Yayasan RMHC Indonesia atas kerjasama yang telah dibangun bersama pemerintah daerah.

“Terutama dalam menentukan lokasi melalui kajian yang matang. Dengan pemilihan Kayong Utara sebagai fokus utama, kami berharap agar sektor kesehatan dapat terus ditingkatkan bersama dengan pendidikan gratis,” ujarnya.

“Kami bahkan memiliki layanan kapal perintis gratis dan speed ambulans gratis untuk daerah kepulauan. Semua fasilitas transportasi ini bertujuan untuk mendukung pelayanan kesehatan bagi masyarakat, bahkan cakupan BPJS Kesehatan kami sudah mencapai hampir 100 persen. Alhamdulillah,” sambung Citra.

Baca Juga :  Bupati Citra Resmi Lantik Oma Zulfithansyah Sebagai Pj Sekda Kayong Utara

Dirinya mmenekankan pentingnya upaya bersama dalam meningkatkan pencapaian imunisasi, pemda harus bersinergi dengan media massa serta stakeholder terkait demi kesehatan masyarakat Kayong Utara.

“Dalam kesempatan ini, saya ingin menekankan dua hal. Pertama, lakukan sosialisasi kepada petugas dan seluruh masyarakat dengan melibatkan berbagai komponen masyarakat serta media informasi,” katanya.

Bupati Kayong Utara, Citra Duani memberikan kata sambutan dalam acara Pekan Imunisasi (Pijar), di Mahkota Hotel, Rabu (09/08/2023). (Foto: Santo)
Bupati Kayong Utara, Citra Duani memberikan kata sambutan dalam acara Pekan Imunisasi (Pijar), di Mahkota Hotel, Rabu (09/08/2023). (Foto: Santo)

“Kedua, para petugas kesehatan, pemerintah desa dan masyarakat harus bersinergi dalam upaya meningkatkan kekebalan individu dan kelompok melalui program imunisasi,” tutup Citra.

Sementara itu, Rini T Wardani, Manager RMHC Indonesia menyambut baik sinergitas yang terbangun dalam pelaksanaan imunisasi sejak sebelum pandemi Covid-19 ini.

“Kami berharap bahwa program imunisasi ini akan memberikan manfaat yang besar, sejalan dengan harapan agar anak-anak Indonesia tumbuh menjadi individu yang tangguh, sehat dan berkualitas. Kami sangat berterima kasih atas kesempatan yang diberikan,” ucap Rini.

Baca Juga :  Pemkab KKU Dorong Perbaikan Jalan Provinsi Siduk - Teluk Batang, Bupati Citra: Diharapkan Selesai Tepat Waktu

Berdasarkan laporan ketua panitia dari Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kabupaten Kayong Utara, Susi Ariani menyampaikan, terdapat 3 kabupaten di Kalimantan Barat yang mendapat dukungan dari Yayasan RMHC dalam pelaksanaan Pekan Imunisasi.

“Dua kabupaten yang termasuk dalam program ini adalah Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Singkawang. Kayong Utara menjadi yang pertama dalam mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya imunisasi,” jelas Susi.

Puncak acara ini ditandai dengan penandatanganan komitmen bersama oleh Bupati Kayong Utara bersama jajaran pejabat pemerintah daerah dalam rangka mendukung Pelaksanaan Pekan Imunisasi di Kayong Utara. (Santo)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment