Alasan Kabar Kevin Positif Covid-19 Baru Dirilis Hari Ini

KalbarOnline.com-Ganda nomor satu dunia Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo gagal berlaga pada tiga turnamen yang berlangsung di Impact Arena, Bangkok mulai 12 sampai 31 Januari mendatang.

Hal ini disebabkan karena Kevin positif terinfeksi Covid-19. Marcus/Kevin terpaksa melewatkan tiga ajang yakni Thailand Open I (12-17 Januari) lalu Thailand Open II (19-24 Januari).

Selain itu, Marcus/Kevin juga tidak akan bisa bertarung di di BWF World Tour Finals 2020 yang tergelar pada 27 sampai 31 Januari mendatang.

Baca Juga: Kevin Sanjaya Positif Covid-19, Timnas Indonesia Tetap Bertanding

Walaupun Marcus/Kevin gagal berangkat, tim Indonesia tetap memutuskan bertanding ke Bangkok. Sebab, selain Kevin, 40 anggota skuad Indonesia dinyatakan negatif Covid-19.

Sehari sebelumnya, pemain nomor satu dunia Kento Momota juga positif terinfeksi Covid-19. Bedanya, tim nasional Jepang mundur dari tiga ajang di Thailand itu.

Kevin dinyatakan positif Covid-19 setelah melakukan swab test mandiri dua kali pada 28 dan 31 Desember 2020.

Baca Juga :  Tinjau Vaksinasi Lansia, Menteri Kesehatan RI Sampaikan Pentingnya Menyegerakan Kelengkapan Dosis Vaksin

“Walaupun tes usap terakhir Kevin negatif, menurut saya dia tetap tidak layak untuk bertanding di tiga kejuaraan yang sangat berat ini,” kata pelatih ganda putra Indonesia Herry Iman Pierngadi dalam siaran pers PP PBSI yang diterima KalbarOnline.com.

“Persiapannya juga tidak cukup. Makanya, keputusannya jelas. Kevin tidak kita bawa ke Bangkok dan harus menjalani isolasi mandiri biar memulihkan kesehatannya dulu,” ucap Herry IP, panggilannya.

Herry IP menambahkan, meski sejak 31 Desember 2020 positif terinfeksi virus Covid-19, Kevin memang terus dipantau kesehatannya. Baru empat hari kemudian, kabar soal Kevin yang positif Covid-19 dirilis. Hal ini semata-mata agar tidak memengaruhi semangat tim yang akan berangkat ke Bangkok.

Tim Indonesia berangkat ke Bangkok hari ini pada pukul 12.30 WIB, dengan menggunakan pesawat sewaan Garuda nomor penerbangan GA 8680. Skuad Merah Putih berangkat dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten, menuju Bangkok.

“Tim bulu tangkis Indonesia tetap berangkat untuk mengikuti tiga kejuaraan di Bangkok, Thailand. Sepanjang mengikuti protokol kesehatan, semoga semuanya lancar,” kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky dalam siaran pers PP PBSI.

Baca Juga :  Ducati Tentukan Nasib Andrea Dovizioso Setelah Dua Seri Ke Depan

“Kami melihat ajang ini sangat penting karena sebagai bagian dari persiapan menghadapi agenda terpenting tahun 2021 ini, yaitu Olimpiade Tokyo,” imbuh Rionny.

Menurut Rionny, kecuali Kevin, para pemain lain yang diproyeksikan tampil ke tiga turnamen tersebut semuanya dalam kondisi sehat.

Hal ini ditunjukkan dengan hasil swab test PCR kepada seluruh pemain dan tim pendukung yang bakal berangkat ke Thailand. Dalam tes usap kepada 40 orang pemain dan tim pendukung yang dilakukan di Pelatnas Cipayung, Jakarta Timur, Sabtu, 2 Januari 2021, semuanya menunjukkan hasil negatif dari Covid-19.

Kevin sendiri sejak pertengahan Desember tahun lalu memang sudah dipisahkan dengan para pemain penghuni Pelatnas Cipayung. Tak heran, pada tes usap terakhir di Pelatnas Cipayung, 2 Januari lalu, dia memang tidak diikutsertakan.

Comment