Windy Lepas Keberangkatan Bernard B Van Aert Menuju Olimpiade Paris 2024

KalbarOnline, Pontianak – Atlet sepeda asal Provinsi Kalbar, Bernard Benyamin Van Aert (26 tahun), berhasil lolos mewakili Indonesia di Olimpiade Paris 2024. Informasi tersebut diketahui setelah Union Cycliste Internationale (UCI) memberikan pengumumannya secara resmi pada Senin (22/04/2025).

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Kalbar, Windy Prihastari yang mendengar kabar tersebut sontak ikut bahagia. Menurutnya, kabar tersebut sekaligus mengakhiri puasa 20 tahun Indonesia untuk kembali tampil di cabang olahraga (cabor) balap sepeda.

“Dalam peringkat akhir yang dirilis kemarin, Indonesia berada di peringkat 20, dan berhak untuk mendapat satu tempat di nomor tersebut,” ucap Windy saat melepas keberangkatan Bernard Benyamin menuju pemusatan pelatihan (TC) Olimpiade Paris 2024, Selasa (23/04/2024) pagi, di Bandara Supadio.

Windy menuturkan, bahwa masyarakat Provinsi Kalbar sangat berbangga dengan keikutsertaan Bernard, karena selain mengharumkan nama Kalbar ia juga turut mengharumkan nama Indonesia.

“Tadi saya sempat ngobrol dengan Bernard, saya menyampaikan salam dari masyarakat Kalbar agar dirinya nanti sukses, dan dapat memberikan prestasi terbaik untuk Indonesia,” ungkap Windy.

Sebagaimana diketahui, Indonesia terakhir kali meloloskan atlet balap sepeda disiplin track pada Olimpiade Athena 2004. Saat itu Indonesia diwakili oleh Santia Tri Kusuma yang turun di nomor Women Points Race.

Kehadiran Bernard yang akan bertanding di kategori Men’s Omnium tahun ini pun akan menjadi pembalap sepeda Indonesia pertama yang lolos ke olimpiade lagi sejak tahun 2004. Posisi ini diraihnya setelah sebelumnya ia berhasil finis ke-11 di babak kualifikasi UCI Track Nations 2024 pada nomor Ominium Putra.

Baca Juga :  Setelah dr. Rubini, Pemprov Kalbar Kembali Usulkan Tiga Nama Pejuang Kalbar Jadi Pahlawan Nasional

Perjalanan Bernard menuju olimpiade tentu tak mudah. Ia harus melalui berbagai kompetisi internasional dan memenuhi poin kualifikasi yang ketat. Tekad dan kegigihannya patut diacungi jempol, serta patut menjadi inspirasi bagi para atlet muda Indonesia.

Sebelum menuju olimpiade, Bernard turut berlaga dalam UCI Track Cycling World Championships 2022 dengan turun di nomor Omnium. Hasilnya, ia finis di posisi ke-20. Kemudian, pada event Asian Track Championships Malaysia 2023, Bernard yang kembali mewakili Indonesia,l juga berhasil meraih medali perunggu. Menjadi medali pertama perlombaan estafet sepeda (madison).

Tak hanya itu, Bernard juga meraih medali perunggu Men Elite Madison World Championship Track Glasgow 2023.

Windy menilai, kalau keberhasilan Bernard ini tentu saja merupakan bukti dedikasi dan kerja keras Bernard dalam berlatih dan berusaha meraih impiannya menuju event bergengsi dunia. Olimpiade Paris 2024 ini pun menjadi peluang emas bagi atlet asal Singkawang itu untuk menorehkan “sejarah baru” bagi Indonesia di kancah internasional.

“Sejak kecil Bernard memiliki keinginan untuk menjadi atlet berprestasi, karena melihat orang tuanya. Pemprov Kalbar tentunya sangat mendukung, dan mempersiapkan bonus bagi atlet yang berprestasi,” katanya.

Baca Juga :  Sembilan Bulan Bertugas di NTT, Prajurit Yonif Raider 641/Bru Kembali ke Bumi Khatulistiwa

Dengan tampilnya Bernard di venue dunia, Windy turut mendorong agar atlet-atlet Kalbar dapat terus memacu diri dalam berprestasi. Sementara Pemprov Kalbar sendiri pastinya akan terus mempersiapkan berbagai sarana dan prasarana olahraga dengan semaksimal mungkin.

“Kami terus mendorong pembinaan (atlet) sejak dini, termasuk Bernard juga bercerita dengan saya, dulu asalnya juga atlet PPLP (Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar) yang merupakan binaan Disporapar Kalbar. Ketika PPLP baru terbentuk, dan ada cabang olahraga sepeda, Bernard Benyamin Van Aert sempat masuk di PPLP,” tutur Windy.

“Untuk peningkatan atlet berprestasi, kami bermitra dengan KONI, lalu untuk atlet disabilitas kami bermitra dengan NPC, dan olahraga kemasyarakatan kami dengan Kormi,” terangnya.

Sesaat sebelum meninggalkan Kalbar, Bernard sempat menyampaikan terima kasih atas dukungan Disporapar Kalbar. Terutama kepada Kepala Disporapar Kalbar, Windy Prihastari yang berkenan mengantar dirinya langsung hingga ke Bandara Supadio. Ia pun memohon doa, serta dukungan dari masyarakat Kalbar, agar bisa memberikan yang terbaik, dan dapat meraih prestasi sesuai dengan harapan.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Ibu Windy Prihastari Kepala Disporapar Kalbar yang telah berkenan hadir menghantarkan saya pada hari ini, terima kasih Ibu,” ucapnya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment