Ani Sofian Buka FLS2N Tingkat SD dan SMP se-Kota Pontianak

KalbarOnline, Pontianak – Pj Wali Kota Pontianak, Ani Sofian membuka secara resmi Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat SD dan SMP se-Kota Pontianak SMP Negeri 8 Pontianak, Jalan Parit Haji Husin II, Selasa (23/04/2024).

Kegiatan yang digelar Pemkot Pontianak melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Pontianak itu bertujuan dalam rangka menumbuhkan rasa cinta terhadap seni di kalangan pelajar.

Dalam kesempatan itu, Ani Sofian pun mendorong agar siswa-siswi di Kota Pontianak terus memiliki gairah yang tinggi untuk meraih prestasi, di berbagai bidang. Ia turut mengapresiasi setiap kompetisi yang digelar Disdikbud Pontianak. Menurutnya, generasi emas harus dimulai dengan jiwa kompetisi.

“Melalui seleksi FLS2N ini diharapkan muncul siswa-siswa dengan kualitas karya yang semakin luar biasa dan membanggakan sehingga bisa berlanjut dan mengukir prestasi hingga tingkat nasional,” terangnya.

Ani menilai, melalui FLS2N ini, jiwa seni peserta didik akan kian berkembang serta dapat memberikan inspirasi untuk melestarikan kesenian dan perlindungan terhadap kekayaan budaya bangsa. Selain itu, lomba ini juga menjadi wadah dalam menggali potensi siswa di bidang seni budaya serta memberi dorongan bagi mereka untuk berekspresi dan mengembangkan diri.

Baca Juga :  Jaga Keselamatan Pengguna Jalan, Pemkot Pontianak Tata Tanaman di Ruas Jalan

“Sehingga muncul motivasi yang kuat untuk beraktualisasi diri dan berkompetisi secara sehat dalam meraih puncak prestasi sesuai dengan kemampuan yang dimiliki,” sebutnya.

Ani juga berharap, para peserta FLS2N dapat mengembangkan ide-ide dan kreativitasnya di bidang seni serta karya-karya nyata sedari dini hingga dewasa kelak, sehingga rasa percaya diri terhadap kemampuan yang dimiliki semakin besar.

“Teruslah kembangkan potensi diri dan talenta yang dimiliki lewat bidang seni dengan mengukir prestasi sehingga menjadi inspirasi bagi siswa-siswa lainnya,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Disdikbud Kota Pontianak, Sri Sujiarti menerangkan, digelarnya olimpiade seni bagi pelajar ini ditujukan agar meningkatkan pengalaman berkompetisi bagi pelajar dan menumbuhkan jiwa seni sampai level nasional.

Baca Juga :  Di Ternate, Ketua TP PKK Pontianak Paparkan Kolaborasi Turunkan Stunting

“Kita ingin meningkatkan kualitas seni peserta didik yang berakar pada budaya bangsa, membangun persahabatan antar pelajar yang toleran. Hasilnya kita harapkan adanya wadah bagi pelajar untuk berkreasi lebih,” ujarnya.

Sri menjelaskan, ada lima kategori yang dilombakan untuk tingkat SD, yaitu menyanyi solo, gambar bercerita, seni tari, pantomim dan seni kriya. Sedangkan untuk SMP, ada enam kategori yang dilombakan, yakni ansambel campuran, ilustrasi kreativitas musik tradisional, menyanyi solo, pantomim dan tari kreasi.

“Jumlah keseluruhan peserta SD ada 60 orang, peserta SD merupakan pemenang tingkat kecamatan masing-masing lomba, jenjang SMP ada 156 orang,” terangnya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment