Setelah dr. Rubini, Pemprov Kalbar Kembali Usulkan Tiga Nama Pejuang Kalbar Jadi Pahlawan Nasional

KalbarOnline, Pontianak – Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Mohammad Bari membuka seminar Calon Pahlawan Nasional Provinsi Kalbar Tahun 2024 di Ruang Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar, Senin (26/02/2024).

Seminar tersebut bertujuan salah satunya dalam rangka memenuhi syarat untuk mencalonkan para pejuang asal Kalbar menjadi pahlawan nasional Republik Indonesia.

Adapun nama calon-calon para pejuang yang diseminarkan/diusulkan menjadi pahlawan nasional yakni Rahadi Usman, Pangeran Nata Kusuma dan Bardan Nadi.

“Sebelumnya kita (Pemprov. Kalbar) berhasil mengusulkan dr. Raden Rubini Natawisastra sebagai pahlawan nasional,” kata Bari.

Baca Juga :  Jokowi Ucapkan Terima Kasih ke TNI Bantu Daerah yang Terapkan PSBB

Dirinya berharap ketiga nama para pejuang yang diusulkan ini dapat ditetapkan menjadi pahlawan nasional oleh Presiden Republik Indonesia.

“Jadi ada tiga nama para pejuang yang kita harapkan, semoga salah satunya dapat ditetapkan sebagai pahlawan nasional atau mungkin bahkan ketiga nama tersebut bisa ditetapkan menjadi pahlawan nasional,” harapnya.

Dilanjutkannya, dalam pengusulan tiga nama pejuang asal Kalbar, terdapat data-data lengkap yang sudah dihimpun melalui Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kalbar.

“Untuk datanya sudah lengkap, semoga saja tidak ada kendala apapun dan kita harapkan ini berjalan lancar,” ucap Bari.

Baca Juga :  Hore! Pemprov Kalbar Bakal Bayar TPP ASN Sekaligus dengan THR Lebaran

Bari juga berharap, akan banyak lagi pahlawan nasional asal Kalbar yang dikenang melalui penghargaan, nama jalan dan nama gedung. Hal ini diharapkan menjadi motivasi bagi generasi penerus.

Agenda ini turut dihadiri Forkopimda Kalbar atau yang mewakili, bupati/wali kota atau yang mewakili dan beberapa kepala perangkat daerah kalbar serta Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD). (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment