4 Kasus Covid-19 Varian Omicron Ditemukan, Dinkes Kalbar Sediakan Vaksin

KalbarOnline, Pontianak – Berdasarkan laporan dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, sampai dengan tanggal 22 desember 2023, terdapat 4 kasus Covid-19 di Kalbar. Di mana 2 orang dirawat di RSUD Soedarso dan 2 lainnya melakukan isolasi mandiri.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Erna Yulianti mengungkapkan, 4 kasus Covid-19 tersebut merupakan varian Omicron EG.5 dengan tingkat kematian lebih rendah, kecuali komorbid.

Untuk itu, Dinkes Kalbar telah menyediakan vaksin untuk masyarakat yang mempunyai komorbid, lanjut usia, masyarakat yang belum pernah vaksin, dan untuk pelaku perjalanan.

Baca Juga :  Kapolres Kapuas Hulu Berikan Penghargaan kepada Anggotanya yang Berprestasi

“Masyarakat yang ingin vaksin kami sudah ada, jenisnya inovac dan ada 5.000 vial. Vaksin yang datang ini diprioritaskan untuk yang punya komorbid, lansia, yang belum pernah vaksin, dan untuk pelaku perjalanan. Namun kalau yang mau booster silakan,” ujar Erna, Sabtu (23/12/2023).

Erna menambahkan, dari 4 pasien yang dirawat ini salah satunya belum pernah vaksin, karena memiliki komorbid.

“Jadi untuk vaksin yang sekarang diutamakan untuk yang punya komorbid sehingga lebih aman,” katanya.

Baca Juga :  PC Muslimat NU Kapuas Hulu Gelar Khitanan Massal, Ini kata Syarifah Zulaiha

Erna juga mengimbau, untuk masyarakat yang merasa ada keluhan seperti batuk, pilek, suhu lebih dari 38 derajat, bisa memproteksi diri dengan cara menggunakan masker, agar tidak menularkan kepada orang lain.

“Istirahat yang cukup, 3 – 5 hari istirahat di rumah, minum obat, makan makanan yang bergizi, tetap melaksanakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),” imbaunya. (Indri)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment