Harisson Nyatakan Kalbar Cukup Siap Hadapi Gelombang Covid

KalbarOnline, Pontianak – Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Harisson menyatakan Kalbar sudah cukup siap menghadapi kemungkinan peningkatan kasus Covid-19 yang telah terjadi di sejumlah daerah di Indonesia.

Menurutnya saat ini Indonesia sudah dinyatakan endemi Covid-19, sehingga penyakit yang disebabkan oleh virus tersebut bukan lagi termasuk dalam kedaruratan kesehatan.

“Sudah endemi, jadi diberlakukan sama penanganannya seperti penyakit-penyakit endemi lain. Misalnya demam berdarah (DBD) atau TBC (tuberkulosis),” ungkapnya.

Dalam menghadapi peningkatan kasus Covid-19, menurut Harisson hampir sama dengan penanganan lonjakan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD). Untuk itu, ia mengimbau masyarakat agar menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Kemudian menjaga kebugaran tubuh, lalu menjaga pola makan yang teratur dan bergizi, serta olahraga teratur dan istirahat yang cukup.

Baca Juga :  Pj Gubernur Kalbar Ajak Masyarakat Terima Apapun Hasil Pemilu

Tak lupa, mantan Kepala Dinas Kesehatan Kalbar itu juga mengingatkan tentang pentingnya menggunakan masker apabila mengalami flu dan batuk agar tidak menular ke orang lain, dan juga selalu rajin mencuci tangan.

“Memakai masker bila di tempat yang ramai dan padat, terutama bila di tempat tersebut ada masyarakat yang batuk pilek,” pesannya.

Baca Juga :  Jelang Perayaan Cap Go Meh, Kadisporapar Kalbar Minta Pemkot Singkawang Antisipasi Calo Homestay

Selain itu, Harisson meminta, apabila ada masyarakat yang mengidap penyakit komorbid, seperti diabetes melitus, hipertensi, jantung, ginjal, hati, penyakit paru atau penyakit kronis lain, agar rutin memeriksakan kesehatan ke dokter atau fasyankes. Itu agar penyakit yang diidap tetap terkontrol.

“Sehingga bila tertular virus Covid-19, penyakitnya tidak menjadi bertambah berat yang akan menyebabkan pasien harus dirawat di rumah sakit, atau menyebabkan kematian,” pungkasnya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment