Dinkes Kalbar Bakal Lanjutkan Program Vaksinasi Covid di 2024

KalbarOnline, Pontianak – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalimantan Barat (Kalbar) bakal kembali melaksanakan kegiatan vaksinasi Covid-19 di tahun 2024 ini. Vaksinasi tersebut diutamakan bagi masyarakat yang memiliki komorbid, lanjut usia (lansia) serta masyarakat yang sama sekali belum pernah divaksin.

Kepala Dinkes Kalbar, Erna Yulianti mengungkapkan, sejak pertengahan bulan Desember 2023 telah terjadi peningkatan kasus Covid-19. Di mana terdapat beberapa negara yang telah melaporkan peningkatan kasus, seperti Singapura dan Indonesia. Juga beberapa provinsi di Indonesia.

“Temuan kasus covid-19 seperti di Kalbar juga ada. Untuk itu, kami membuat SE (Surat Edaran) untuk melakukan vaksinasi Covid-19, di mana vaksinasi diutamakan adalah mereka yang punya komorbid , lansia, dan mereka yang belum pernah vaksin,” katanya, Selasa (09/01/2024).

Baca Juga :  Pelayanan Jemput Bola IMB Pemutihan

Program vaksinasi ini dimulai pada 8 Januari 2024 dan gratis. Namun tidak menutup kemungkinan menurut Erna, kedepannya vaksinasi Covid-19 tidak akan gratis, dan bersifat mandiri.

“Vaksin Covid-19 yang sudah didistribusikan Kemenkes ke Kalbar jenis Inovac dan Indavac. Kedua vaksin ini, untuk jumlah Indovac 9.900 dosis, Inovac ada 24 ribu dosis,” terangnya.

Baca Juga :  Safari Natal ke Keuskupan Agung Pontianak, Anies Baswedan: Kesetaraan Kunci Persatuan

Erna mengimbau kepada masyarakat yang belum divaksin, agar segera datang ke Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes). Karena saat ini sudah ada lima kabupaten yang didistribusikan untuk pelaksanaan vaksinasi di daerah.

“Kemungkinan 14 kabupaten/kota akan kami distribusikan vaksin sesuai permintaan. Untuk mekanisme vaksinasi, sama dengan sebelumnya, membawa KTP sebagai bukti identitas, kedua jenis vaksin ini bisa untuk mulai usia 18 tahun,” katanya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment