Waspada Covid-19, RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Beri Penyuluhan Penerapan Protokol 3M

KalbarOnline, Pontianak – Kasus Covid-19 dilaporkan kembali meningkat di sejumlah negara di ASEAN, termasuk Indonesia dengan rata-rata harian bertambah 35 – 40 kasus.

Untuk mengantisipasi serta meningkatkan kewaspadaan masyarakat di Kota Pontianak, selain membatasi jumlah kunjungan pasien rawat inap yang mulai diterapkan kembali, juga dilakukan penyuluhan tentang pentingnya pencegahan penularan virus Covid-19 melalui penerapan protokol kesehatan, yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak (3M) kepada 30 orang pasien dan pengunjung di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Syarif Mohamad Alkadrie (SSMA), Rabu (13/12/2023).

“Protokol kesehatan 3M merupakan penerapan perilaku kesehatan untuk memutus rantai penularan Covid-19, yaitu dengan mendorong perubahan perilaku masyarakat dalam memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak,” kata Natalia Mastika yang menjadi narasumber penyuluhan.

Baca Juga :  Perkuat Pengelolaan Keuangan Pusat dan Daerah, Kanwil DJPb Kalbar Teken MoU bersama Pemkot Pontianak

Natali menambahkan, bahwa penerapan protokol kesehatan 3M sangat besar manfaatnya bagi masyarakat. Selain untuk mencegah tertularnya virus Covid-19 juga untuk mencegah tertularnya penyakit menular lainnya terutama ketika sedang berada di area rumah sakit.

Baca Juga :  Bantu UMKM Tumbuh, Facebook Luncurkan Fitur Facebook Shops

“Menggunakan masker untuk mencegah masuknya droplet yang keluar saat kita batuk, bersin, berbicara sehingga kita tidak mudah tertular,” imbuhnya.

Dia mengimbau, selain menggunakan masker, para pengunjung juga tidak lupa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau memakai hand sanitizer dengan kandungan alkohol 60 persen yang ada di area rumah sakit. (Indri)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment