Apoteker RSUD Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Berikan Pemahaman Mengenai Obat Maag

KalbarOnline, Pontianak – Banyaknya obat maag yang beredar di pasaran sering kali membuat masyarakat kebingungan dalam memilih jenis obat maag yang tepat, sehingga masyarakat perlu mengenali jenis obat maag yang tepat.

Apoteker RSUD SSMA Kota Pontianak, Bonita Dwi Anggraeni menyebutkan, beberapa jenis obat maag yang beredar umumnya berfungsi sebagai Antasida, H2 Blocking Agent, Zat Pelindung Ulkus (Mukosa Protective), dan Penghambat Pompa Proton (H+).

Baca Juga :  Menkes Apresiasi Kepedulian Gubernur Kalbar Dalam Peningkatan Kesehatan Masyarakat

“Antasida merupakan obat yang mengandung senyawa basa/alkali yang mempunyai kemampuan menetralkan asam lambung yang berlebih. Dosis pemakaiannya sebanyak 2 kali sehari 1 tablet setengah jam sebelum makan,” jelasnya ketika memberikan penyuluhan mengenai Obat Maag Sebelum Digunakan, di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Syarif Mohamad Alkadrie (SSMA) Kota Pontianak, Rabu (24/01/2024).

Dia menambahkan, ada juga kelompok obat penghambat Pompa Proton (H+). Kelompok ini bekerja dengan cara menghambat ion H+ agar tidak terbentuk asam lambung yang mengakibatkan gangguan asam lambung.

Baca Juga :  Lokakarya Mini Lintas Sektoral Puskesmas Perumnas II, Mutu Pelayanan Jadi Utama

“Apapun jenisnya jangan menyepelekan penyakit maag dan menganggap bisa sembuh sendiri. Dengan pengobatan yang tepat dan mengubah gaya hidup sehat penyakit maag dapat disembuhkan,” pungkasnya. (Indri)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment