Pemkab Kayong Utara Raih BKN Award, Citra Duani: Ikhlas, Sabar, Buktikan dengan Realita dan Fakta

KalbarOnline, Sukadana – Kabupaten Kayong Utara berhasil meraih penghargaan tingkat nasional dari Badan Kepegawaian Negara Republik Indonesia (BKN RI) dalam ajang BKN Award Tahun 2023.

Penghargaan itu diberikan atas capaian pengelolaan manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) terbaik dengan kategori komitmen peningkatan pelayanan kepegawaian.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Sekretaris Utama BKN RI, Imas Sukmariah dan diterima oleh Bupati Kayong Utara, Citra Duani saat menghadiri acara Sosialisasi Kesejahteraan P3K bagi BKD/BKPP/BKPSDM Kantor Wilayah V BKN, di Hotel Aston Pontianak, Rabu (02/08/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Kayong Utara menyampaikan, sebagian besar penghargaan yang diraihnya, baik tingkat provinsi, nasional maupun internasional merupakan kejutan. Karena pihaknya sungguh tidak mengira bahwa kinerjanya selama ini dalam melakasanakan visi dan misi pembangunan ternyata ada yang menilai dan hasil penilaiannya datangnya selalu tiba-tiba.

“Itulah namenye rizki tak lari kemane, yang penting bekerja dan mengatasi masalah dengan enjoy jak, jangan terlalu tegang bahaye nanti bise stres,” kata Citra Duani dengan logat Melayu.

Baca Juga :  Borong 5 Penghargaan BKN, Sutarmidji Minta ASN Tetap Kerja Untuk Publik

“Pro dan kontra itu biase, biarlah yang kontra berkicau dengan kate-kate, yang penting harus kite buktikan dengan realita dan fakta. Ape yang kite kerjekan harus dilakukan dengan ikhlas, sabar, tawakal dan selalu bersyukur terhadap apa yang diberikan oleh Tuhan yang maha esa. Insya Allah yakinlah Allah akan selalu memberikan kemudahan, keberkahan dan keselamatan, betol ndak,” tambah Citra Duani sembari bercanda dan mengurai senyum.

Bupati Kayong Utara juga menyampaikan, terdapat puluhan penghargaan sudah berhasil diraih Kabupaten Kayong Utara di tahun 2023.

“Di tahun 2023 ini tidak kurang puluhan penghargaan yang diraih baik tingkat Provinsi Kalbar maupun tingkat nasional,” ucapnya.

“Juara kopi dunia pada festival kopi internasional di Spanyol bulan Oktober 2022, kemudian di tahun yang sama juga meraih juara bergengsi dunia Ashden Awards katagori pelestarian konservasi hutan dengan memberdayakan masyarakat untuk mendapat mata Pencaharian,” bebernya.

Kemudian ada pula penghargaan UHC Award BPJS Kesehatan tingkat nasional yang diserahkan oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, meraih juara 3 Paritrana Award BPJS ketenagakerjaan tingkat Provinsi Kalbar.

Baca Juga :  Pj Gubernur Kalbar Nostalgia Saat Bertugas Sebagai Dokter di Puskesmas Teluk Batang

“Barusan 2 hari lalu menerima penghargaan bergengsi dalam pengendalian inflasi terbaik tingkat nasional dan masih banyak lagi,” katanya.

Sementara itu, dalam sambutannya, Sekretaris BKN RI, Imas Sukmariah mengungkapkan, bahwa penghargaan diberikan bagi Instansi Pemerintah yang dinilai telah berhasil melaksanakan penyelenggaraan manajemen ASN terbaik di lingkupnya masing-masing, termasuk pemanfaatan layanan digital ASN.

“Untuk kategori instansi daerah yang terdiri dari pemerintah provinsi, serta pemerintah kabupaten/kota,” ucap Imas.

Adapun penilaian BKN Award 2023 dibagi menjadi 3 (tiga) kategori, yaitu: pertama, kategori utama berupa implementasi manajemen ASN terbaik.

Kedua, kategori elemen implementasi manajemen ASN dan pemanfaatan sistem informasi yang mencakup perencanaan kebutuhan dan mutasi kepegawaian, pengembangan kompetensi, implementasi penerapan manajemen kinerja, penerapan

pemanfaatan data sistem informasi dan CAT, ketiga kategori special mention yakni komitmen peningkatan pelayanan kepegawaian BKN. (Santo)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment