Idul Adha 1444 H, Polres Mempawah Rebahkan 5 Ekor Sapi dan 1 Kambing

KalbarOnline, Mempawah – Kepolisian Resor (Polres) Mempawah merebahkan 6 ekor hewan kurban pada perayaan Idul Adha 1444 H/2023 M di Mapolres Mempawah, Kamis (29/06/2023). Hewan kurban tersebut terdiri dari 5 ekor sapi dan 1 ekor kambing.

Penyembelihan hewan kurban sendiri dilakukan seusai kegiatan “Kurban Polri Presisi” melalui zoom meeting yang dipimpin oleh Kapolres Mempawah AKBP Sudarsono didampingi Wakapolres Kompol Sutrisno bersama para kabag/kasat serta personel Polres Mempawah.

Perwira Urusan Hubungan Masyarakat (Paur Humas) Polres Mempawah, Bripka Susworo Putu Sastro menerangkan, bahwa dasar pelaksanaan kegiatan ini yaitu Surat Telegram Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat nomor: ST/388/V/BIN.1.1./2023 tanggal 29 Mei 2023 tentang Rangkaian Kegiatan Perayaan Hari Raya Idul Adha 1444 H/2023 M di lingkungan Polda Kalbar.

Baca Juga :  Polres Mempawah Teken MoU Pengamanan dengan RSUD Rubini

“Kemudian (yang juga mendasari kegiatan) adanya Surat Telegram Kepala Kepolisian Resor Mempawah nomor: ST/979/VI/BIN.1.1./2023 tanggal 6 Juni 2023 tentang Rangkaian Kegiatan Perayaan Hari Raya Idul Adha 1444 H/2023 M di lingkungan Polres Mempawah,” jelasnya.

Susworo juga menyampaikan, adapun prosesi atau pelaksanaan pemotongan hewan kurban di Polres Mempawah diawali dengan pembacaan doa oleh Ustad Mat Juri, kemudian laporan Ketua Panitia Kurban Polres Mempawah oleh Kabag SDM Polres Mempawah, sambutan Kapolres Mempawah yang dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis hewan kurban oleh Kapolres Mempawah kepada Kabag SDM Polres Mempawah.

“Setelah itu dilakukan penyembelihan. Setelahnya, juga ada penyerahan secara simbolis daging kurban kepada santri ponpes oleh Kapolres Mempawah, kemudian penyerahan daging kurban kepada babin untuk diserahkan kepada yang berhak,” sampainya.

Baca Juga :  Dongkrak Nilai Ekonominya, Maman Minta UMKM Mempawah Gandeng BRIN Lakukan Inovasi Produk

Secara umum, Susworo mengatakan, bahwa daging hewan-hewan kurban itu dibagikan/didistribusikan secara merata ke 7 target penerima, diantaranya personel dan PNS Polri Polres Mempawah, keluarga besar Polres Mempawah, Pondok Pesantren Khairul Munajah di Desa Sungai Nipah, Majelis Taklim Mualaf Hijrah Lil Iman Kecamatan Mempawah Hilir, Pondok Pesantren Riadus Sholihin di Desa Pasir, masyarakat di sekitar Polres Mempawah serta masyarakat yang membutuhkan lainnya.

“Kegiatan ini dimulai pada pukul 08.00 WIB hingga selesai. Acara ditutup dengan menikmati hidangan yang telah disediakan. Selama pelaksanaan kegiatan berjalan aman, tertib dan lancar,” tutup Susworo. (FikA)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment