Jokowi Tinjau Harga Pangan di Pasar Sebukit Rama Mempawah

KalbarOnline, Mempawah – Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung ketersediaan dan harga sejumlah bahan pangan di Pasar Sebukit Rama, Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat, Rabu (20/03/2024). Tinjauan ini merupakan salah satu dari agenda kunjungan kerja presiden selama dua hari di Kalbar.

“Harga stabil, saya lihat misalnya bawang putih di Rp 40 ribu (per Kg), bawang merah Rp 30 ribu (per Kg), beras premium di Rp 17 ribu (per Kg). Saya kira harga baik,” ujar Jokowi kepada awak media usai peninjauan.

Jokowi menegaskan, bahwa stabilitas harga merupakan salah satu fokus pemerintah untuk meringankan beban masyarakat. Menurut presiden, pemerintah terus berupaya menjaga keseimbangan harga, terutama untuk beras medium, agar tidak merugikan petani maupun konsumen.

Baca Juga :  Jokowi: 30 Juta Lebih Penduduk Dunia Tertular Covid-19

“Kita ini mengendalikan hati-hati supaya harga gabah kering tidak jatuh turun anjlok sehingga petani dirugikan. Kita jaga keseimbangan antara harga pokok produksi di petani yang harus untung dan juga harga eceran yang juga baik untuk konsumen, untuk ibu-ibu,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi turut memberikan bantuan modal kerja kepada para pedagang yang ada di Pasar Sebukit Rama, Kabupaten Mempawah. Bantuan tersebut diharapkan dapat membantu para pedagang dalam meningkatkan modal usaha.

“Bantuan modal kerja untuk para pedagang kecil,” jelasnya.

Asniah, salah satu pedagang sayur dan buah yang menerima bantuan, mengungkapkan kebahagiaannya karena mendapat tambahan modal untuk dagangannya. Ia juga bersyukur dagangannya dibeli langsung oleh Presiden Jokowi.

Baca Juga :  Jokowi: 15 Juta Bahan Baku Vaksin Covid-19 Akan Datang Pekan Depan

“Bengkoang 1 kilo 3 ons dapat 150 (ribu rupiah). Senang banget. Terima kasih ya Pak Jokowi. Semoga Pak Jokowi makin sukses, jaya terus Pak Jokowi, Pak Presiden kita,” ucap Asniah.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam peninjauan itu Pj Gubernur Kalimantan Barat, Harisson, Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara, Erick Thohir, dan Bupati Mempawah, Erlina Ria Norsan.

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment