Duplikasi Jembatan Kapuas 1 Diresmikan Presiden Jokowi, Harisson Harap Pusat Lanjut Bangun Tol Pontianak-Singkawang

PjKalbarOnline, Pontianak – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Duplikasi Jembatan Kapuas 1 Kota Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar), Kamis (21/03/2023) pagi.

Penjabat (Pj) Gubernur Kalbar, Harisson yang turut mendampingi Presiden Jokowi kala itu menyampaikan harapannya agar Duplikasi Jembatan Kapuas 1 bisa segera berfungsi untuk masyarakat umum khususnya Kota Pontianak.

“Setelah diresmikan, duplikasi Jembatan Kapuas 1 sudah bisa difungsikan oleh masyarakat, sehingga diharapkan bisa mengurai kemacetan di kawasan ini yang selama ini terjadi,” kata Harisson.

Untuk tahap selanjutnya, Harisson berharap pada tahun 2025 mendatang Pemerintah Pusat dapat memulai proyek pelebaran jalan yang terhubung dengan jembatan ini, mulai dari Jalan Sultan Hamid II menuju Jalan Gusti Situt Mahmud dapat terlaksana seiring dengan manajemen lalu lintas yang ada. Di mana saat ini lajur tersebut mengalami penyempitan atau yang diistilahkan _bottle neck_ (leher botol).

Baca Juga :  113 Atlet Pelajar Kalbar Siap Berlaga di Popnas, Windy: Optimis Bisa Masuk 10 Besar

Harisson juga berharap Pemerintah Pusat dapat segera memulai pembangunan jalan tol Pontianak – Singkawang tahap pertama yakni rute Pontianak – Pelabuhan Kijing yang saat ini sudah dalam tahap lelang untuk dilakukan feasibility study (studi kelayakan) serta analisis dampak lingkungan (amdal).

Baca Juga :  Nina Puspawardhani Atlet Asal Kalbar Raih Juara 1 Women Amateur di Ajang Tour of Kemala 2nd Series Banyuwangi 2023

“Mudah-mudahan pembangunannya dapat segera direalisasikan Pemerintah Pusat. Ini dalam rangka mengoptimalisasikan keberadaan Pelabuhan Kijing yang tentu nantinya akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi Kalimantan Barat,” pungkasnya.

Dalam sambutan saat peresmian duplikasi Jembatan Kapuas 1, Presiden Jokowi mengucap syukur jembatan sepanjang 430 meter yang menelan anggaran sebesar Rp275 miliar itu telah rampung dikerjakan.

“Alhamdulillah sudah rampung dan akan kita resmikan. ini akan meningkatkan konektivitas kawasan antara pusat Kota Pontianak dengan Kecamatan Pontianak Timur,” pungkasnya. (Jau)

Comment