Kapolres Mempawah Pimpin Apel Mantap Brata Kapuas 2023 – 2024

KalbarOnline, Mempawah – Kapolres Mempawah, AKBP Sudarsono memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Terpusat Mantap Brata Kapuas 2023 – 2024, di halaman Mapolres Mempawah, Selasa (17/10/2023).

Operasi tersebut digelar dalam rangka pengamanan pemilu tahun 2024 di jajaran Polres Mempawah.

Dalam amanatnya, Kapolres Mempawah menjelaskan, bahwa apel ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarpras bagi pelaksanaan Operasi Mantap Brata 2023 – 2024, yang diharapkan pemilu 2024 nantinya dapat terselenggara dengan aman dan lancar.

Lebih lanjut ia menyampaikan, pemilu 2024 merupakan pesta demokrasi terbesar yang akan menjadi bukti kematangan Indonesia dan sekaligus menjadi titik penentuan masa depan bangsa.

“Hal ini sebagaimana penyampaian Presiden Joko Widodo bahwa tahun 2024 adalah momen politik yang sangat penting, karena kita menyelenggarakan pesta demokrasi terbesar dan secara serentak dalam tahun yang sama. Ini pekerjaan besar yang sangat menentukan masa depan bangsa kita, masa depan negara kita,” jelasnya di hadapan peserta apel.

Kapolres Mempawah, AKBP Sudarsono memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Terpusat Mantap Brata Kapuas 2023 - 2024, di halaman Mapolres Mempawah, Selasa (17/10/2023). (Foto: Polres Mempawah)
Kapolres Mempawah, AKBP Sudarsono memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Terpusat Mantap Brata Kapuas 2023 – 2024, di halaman Mapolres Mempawah, Selasa (17/10/2023). (Foto: Polres Mempawah)

Melihat pentingnya hal tersebut, lanjut AKBP Sudarsono, maka seluruh komponen bangsa tentunya harus berpartisipasi penuh guna menyukseskan pemilu 2024. Terlebih lagi, pemilu 2024 memiliki kompleksitas tersendiri karena dilaksanakan secara serentak dengan rentang waktu yang berdekatan, wilayah yang luas, geografis yang beragam serta melibatkan jumlah pemilih yang besar.

Baca Juga :  Tokoh Populer Bakal Banjiri Pilkada Kubu Raya, Pengamat Politik: Pemilu 2024, Pemilu yang Menentukan

“Oleh sebab itu, guna mengamankan pemilu 2024, maka Polri didukung TNI, kementerian/lembaga, instansi terkait dan mitra kamtibmas lainnya menggelar Operasi Mantap Brata Tahun 2023 – 2024,” katanya.

Kapolres menjelaskan, operasi ini sedianya akan dilaksanakan selama 222 hari, sejak 19 Oktober 2023 sampai dengan 20 Oktober 2024. Operasi ini diikuti oleh 261.695 personel di seluruh Indonesia guna mengamankan seluruh tahapan pemilu.

Ia menyampaikan, bahwa Polri juga telah membentuk pola Pengamanan sistem wilayah atau zonasi bagi Personel Korps Brimob Polri dan Dalmas Nusantara, di mana untuk Korps Brimob terbagi dalam 4 wilayah, sedangkan untuk Dalmas Nusantara terbagi dalam 7 Zonasi.

“Bukan hanya itu, Polri juga menyiapkan 2.000 Personel Brimob Power On Hand Kapolri serta 8.500 personel Dalmas Nusantara yang siap dimobilisasi kapanpun dan dimanapun ke seluruh wilayah Indonesia,” katanya.

Kapolres Mempawah, AKBP Sudarsono foto bersama usai Apel Gelar Pasukan Operasi Terpusat Mantap Brata Kapuas 2023 - 2024, di halaman Mapolres Mempawah, Selasa (17/10/2023). (Foto: Polres Mempawah)
Kapolres Mempawah, AKBP Sudarsono foto bersama usai Apel Gelar Pasukan Operasi Terpusat Mantap Brata Kapuas 2023 – 2024, di halaman Mapolres Mempawah, Selasa (17/10/2023). (Foto: Polres Mempawah)

Sebagai dukungan terhadap Operasi Mantap Brata 2023 – 2024, Polri juga menggelar Operasi Nusantara Cooling System 2023 – 2024 untuk membangun narasi besar “Persatuan dan Kesatuan, serta Kemajuan Bangsa di Atas Kepentingan Kelompok”, hal ini guna mengantisipasi polarisasi akibat berita hoaks, isu SARA, propaganda Firehouse Of Falsehood dan Black Campaign yang dilengkapi dengan Satgas Anti Money Politics serta Satgas Pemilu Damai.

Baca Juga :  Ingin Kalbar Maju, Masyarakat Madura Mempawah Kompak Pilih Pemimpin Berprestasi dan Sudah Terbukti

Hadir dalam apel tersebut diantaranya Kajari Mempawah, Didik Adyiatomo, Danyon Marhanlan XII/Mempawah, Letkol Mar, Try Anto, Bupati Mempawah yang diwakili Staf Ahli Didik Krismanto, Kasdim 1201/Mph, Mayor Czi Irman, Kepala BPBD Mempawah, Agit Sugiarto, Ketua KPU Mempawah yang diwakili Anggota Komisioner, Rasidi dan Ketua Bawaslu Mempawah, Ahmad Amirudin.

Kemudian hadir pula Ketua DAD Mempawah, Adrianus, Kasat Pol PP Mempawah, Indah Kuntum, Kabag Kesbangpol Mempawah, Syamsul Rizal serta sejumlah tokoh masyarakat Kabupaten Mempawah.

Pada barisan apel operasi ini diikuti oleh satu pleton Kodim 1201/Mph, satu pleton Sat Samapta Polres Mempawah, satu pleton Satlantas Polres Mempawah, satu pleton Staff Bintara Polres Mempawah, satu pleton gabungan Satreskrim, Satintelkam dan Satresnakoba Polres Mempawah, satu pleton Dishub Kabupaten Mempawah dan satu pleton Satpol PP Mempawah. (FikA)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment