Hadiri Ritual Adat Meruba, Sekda Ketapang Jelaskan Sejarah Kerajaan Hulu Aik

KalbarOnline, Ketapang – Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo menghadiri Ritual Adat Meruba, Pencucian Pusaka Raja Hulu Aik di Laman Sengkuang, Desa Benua Krio, Kecamatan Hulu Sungai, pada Minggu (25/06/2023).

Alexander yang juga Patih Jaga Pati Laman Sembilan Domong Sepuluh Kerajaan Hulu Aik dalam sambutannya mengatakan, bahwa acara Meruba sejak beberapa tahun terakhir ini difasilitasi oleh pemerintah daerah melalui APBD.

“Saya menilai pelaksanaan ritual adat Meruba ini semakin tahun semakin baik dan meningkat,” ujarnya.

Hanya saja, kata Alexander, tempat Raja Hulu Aik bukanlah istana, bukanlah keraton, melainkan hanya sebuah rumah yang biasa, sederhana dan bersahaja.

“Raja Hulu Aik bukanlah raja kekuasaan, bukan pula raja politik, tetapi raja adat,” kata Alexander.

Selanjutnya, ia pun menjelaskan tugas atau amanah dari Raja Hulu Aik adalah merawat, menjaga, memelihara, pusaka Raja Hulu Aik, yakni Bosi Koling Tungkat Rakyat.

“Ini sebagai bukti dari seorang raja bahwa dia punya pusaka. Kalau hanya istana, semua orang bisa bangun istana, tetapi belum tentu jadi seorang raja bisa menjadi raja kalau tidak punya pusaka. Boleh saja yang lain mengaku raja, tapi jika tidak punya pusaka, itu bukan raja,” tuturnya.

Sekda juga menceritakan sekilas sejarah  tentang Kerajaan Hulu Aik, agar semua orang tahu bahwa asal-usul Kerajaan Hulu Aik itu, sekarang wilayahnya adalah Laman Sembilan Domong Sepuluh.

“Dulu namanya Desa Sembilan, tetapi setelah musyawarah adat namanya diubah atau ditetapkanlah menjadi Laman Sembilan, bukan lagi Desa Sembilan,” terang Alexander.

“Wilayahnya mencakup dari Desa Darat Pantai Kapuas, dari Labai Lawai, Simpang Sekayoq,  Laur Jokak,  Biak Krio, Kayong Gerunggang, Pesaguan Sekayoq, Jelai Sekayoq, Kendawangan Seakaran, sebagian Kalteng merupakan wilayah adat, bukanlah wilayah kekuasaan, seperti gubernur, bupati, camat maupun kades. Lintas wilayah adat,” lanjutnya.

Baca Juga :  Safari Ramadhan di Rasau Jaya, Kamaruzaman Minta Masyarakat Doakan Kebaikan Untuk Kubu Raya

Lebih lanjut dikatakan Alexander, tentang Raja Siak Bahulun, Raja Dayak pertama, Raja Siak Bahulun itu punya tujuh anak dari tujuh ruas betung dan yang paling terkenal yaitu yang ke tujuh, Putri Dayang Putong, Putri Junjung Buih, yang kemudian menurut ceritanya menikah dengan Prabu Wijaya dari Majapahit, melahirkan raja-raja Tanjungpura kuno.

“Setelah ratusan tahun Majapahit runtuh oleh kerajaan Demak, kerajaan Tanjungpura kuno pun menjadi kerajaan Islam,” jelasnya.

Dikisahkannya juga, bahwa istana Raja Hulu Aik zaman dulu dibuat pakai kayu, tidak seperti istana-istana kerajaan lainnya, sehingga tidak ada lagi bekas peninggalan dan yang masih ada serta terjaga hingga sekarang tinggallah warisan adat istiadat, seperti pusaka dan ada juga situs-situs budaya.

“Amanah lainnya yang diberikan oleh Pak Raja, yaitu menjaga adat, menjaga tradisi, menjaga pusaka. Sebagai Patih, yang dipesalin oleh Raja serta seluruh domong Laman Sembilan Domong Sepuluh punya amanah agar menjaga, memelihara, merawat, melestarikan, menegakkan adat jalan jamban titi sejak karoseq mula tumbuh tanah mula menjadi,  yang diwariskan para leluhur,” terang Alexander.

Dalam rangka itu, Alexander pun berharap agar figur Pak Raja sebagai pemersatu. Tidak ada lagi Raja Dayak di dunia ini, selain Raja Hulu Aik, yang menjadi pemersatu. “Pemerintah daerah mendukung penuh. Buktinya setiap tahun pemda memfasilitasi acara adat Meruba ini,” ujarnya.

Baca Juga :  Sekda Ketapang Minta Dinas Terkait Segera Perbaiki Jalan Sandai-Hulu Sungai

Khusus tahun depan, Alexander menyampaikan, bahwa Pemda Ketapang akan memfasilitasi peresmian Balai Bosi Kolikng sehingga acara Meruba diharapkan dapat lebih baik lagi.

Selain memfasilitasi serta menata halaman, jalan dan taman, Alexander juga akan merancang jembatan permanen yang dapat dilalui mobil.

“Artinya kita punya peranan panjang karena ini aset, aset Kabupaten Ketapang, aset Kalbar, aset bangsa Indonesia dan satu-satunya di dunia,” jelasnya.

Selanjutnya Alexander mengingatkan, bahwa semua yang dilakukan tersebut perlu dukungan dari semua pihak, bukan hanya tanggung jawab Pak Raja, tanggung jawab orang Sengkuang, tanggung jawab Kades Benua Krio, tetapi tanggung jawab seluruh pihak.

“Saya berharap ke depan agar pola Meruba bisa dirubah agar tidak hanya menjadi gawai pemerintah, tapi menjadi gawainya kita. Artinya ada keikutsertaan, adanya partisipasi, adanya kegotong-royongan antara seluruh orang Dayak sehingga akan merasa memiliki, sekecil apapun dukungan yang diberikan, paling tidak untuk hadir, itu saja sudah merupakan bentuk dukungan,” pungkas Alexander.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Raja Kerajaan Hulu Aik, Kepala BPKAD, Kadis Sosial, Sekretaris Dinas Kominfo, Disdukcapil, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Asisten Sekda Bidang Ekbang, Kadis Perindagkop, Sekjen MADN, Forkopimda, Kapolsek Sandai dan Danramil Sandai.

Selain itu hadir pula anggota DPRD provinsi, DPRD Ketapang, Camat Hulu Sungai, Camat Laur, Camat Simpang Dua, Camat Sandai, Ketua DAD Kabupaten Ketapang, seluruh jajaran DAD Kecamatan Hulu Sungai, Nanga Tayap, Sungai Laur, Manis mata, Sandai, kepala desa setempat, panitia, masyarakat setempat dan undangan lainnya. (Adi LC)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment