Tinjau Tes Tertulis Bacades, Sekda: Kades Berwawasan dan Kompeten Permudah Pembangunan di Ketapang

KalbarOnline, Ketapang – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo melakukan peninjauan tes tertulis bakal calon kepala desa (bacades) di gedung Politeknik Negeri Ketapang (Politap), Selasa (16/05/2023).

Sekda mengatakan, bahwa  tes bacades ini merupakan satu di antara rangkaian pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di Ketapang yang akan diselenggarakan pada 26 Juni 2023 mendatang.

Menurut Sekda, tes ini merupakan tahapan yang harus dilalui dikarenakan ada sekitar 27 desa yang bakal calonnya lebih dari lima.

“Tes ini merupakan tahapan harus dilalui karena ada 27 desa yang bakal calonnya lebih dari lima,” jelasnya.

Sekda menambahkan, peninjauan tes ini juga untuk memastikan bahwa proses tes telah sesuai koridor,  telah sesuai dengan jadwal yang ditentukan, tidak ada kendala teknis maupun non teknis. Menurut Beliau, semua telah sesuai dan berjalan lancar.

Baca Juga :  Pemkab Ketapang Konsisten Dukung Kemajuan UMKM

“Saya sebagai ketua panitia kabupaten ingin memastikan proses tes ini berjalan lancar. Terutama sesuai yang sudah kita tentukan agar tak ada kendala baik secara teknis maupun non teknis. Kita lihat tes ini semua sudah berjalan lancar,” ucapnya.

Sekda juga berterimakasih kepada pihak Politap, kepolisian dan lainnya yang telah mendukung pelaksanaan tes ini.

Lebih lanjut dia menjelaskan, pihaknya akan menyerahkan seluruh hasil tes kepada Politap sebagai penyelenggara. Hasil tes tersebut sebagai dasar pihaknya untuk menetapkan lima calon bacades.

Baca Juga :  Balapan Liar, Seorang Remaja Diamankan Satlantas Polres Ketapang

Sekda berharap, melalui proses penjaringan calon Kades ini akan mendapatkan pemimpin-pemimpin terbaik di tiap desa.

“Tes ini sangat penting karena bagian dari upaya kita menyeleksi semua bakal calon. Diharapkan nantinya Kades terpilih benar-benar memiliki kompetensi, pengetahuan dan kemampuan lainnya yang mumpuni.” harap sekda.

Menurut sekda, jika kadesnya bagus dan hebat maka akan mempermudah Pemkab Ketapang dalam penyelenggaraan pemerintahan, proses pembangunan dan pembinaan kepada masyarakat.

“Kalau kadesnya bagus dan hebat maka kita Pemerintah Kabupaten juga enak. Jadi, kita memang harus memastikan calon kades yang akan ikut dan terpilih adalah yang terbaik sesuai harapan masyarakat,” pungkasnya. (Adi LC)

Comment