Pemkab Ketapang Konsisten Dukung Kemajuan UMKM

KalbarOnline, Ketapang – Ditandai dengan pemotongan pita, Sekda Ketapang, Alexander Wilyo secara resmi membuka Bazar UMKM KPP Pratama Ketapang pada Rabu (29/03/2023), di KPP Pratama Ketapang.

Bazar ini digelar selama dua hari, yakni pada Rabu 29 Maret hingga Kamis 30 Maret 2023. Bazar UMKM ini dilaksanakan sebagai ajang memfasilitasi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Adapun produk yang di bazarkan meliputi produk UMKM berupa kuliner, kerajinan dan fashion, ada juga lomba anak islami layanan booth Kemenkeu Satu, layanan booth Perbankan Himbara dan takjil gratis.

“Kegiatan ini sebagai dukungan pemda dan instansi vertikal kepada pelaku UMKM dalam upaya kita agar perekonomian masyarakat meningkat,” ucap Sekda Ketapang saat menyampaikan sambutannya.

Baca Juga :  Ribuan Batang Sawit Warga Digusur Paksa PT Hungarindo Persada

Lebih lanjut sekda memberikan apresiasi dan penghargaan kepada KPP Pratama yang sudah mendukung penyelenggaraan kegiatan tersebut.

“Kegiatan yang diadakan KPP Pratama ini sangat baik dan patut dicontoh oleh instansi yang lain, agar kita bisa kembali menghidupkan UMKM di Ketapang,” ujarnya.

“Saya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kemenkeu Satu, Instansi vertikal yang sudah ikut serta mendukung kebijakan dalam upaya kita memajukan UMKM sebagai salah satu harapan masa depan perekonomian bangsa,” tambahnya.

Sekda juga menuturkan, bahwa sekitar 61.97 persen atau lebih dari Rp. 8.500 triliun kontribusi UMKM menyerap terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional.

Baca Juga :  121 Kepala Desa Terpilih Akan Dilantik Bupati Ketapang Serentak pada 17 Agustus 

“Dengan demikian tingkat potensi luar biasa kontribusi UMKM menyerap 97 persen dari total tenaga kerja yang ada, serta dapat menghimpun sampai 60,4 persen dari total investasi,” jelasnya.

Selanjutnya dikatakan beliau, bahwa pemerintah daerah akan terus konsisten terhadap UMKM, dan ia meminta kepada instansi pemerintah sampai jajaran desa untuk melakukan pembinaan-pembinaan kepada pelaku UMKM.

“Sekali lagi Pemerintah Daerah akan konsisten mengawal agar UMKM di Ketapang ini agar semakin maju, semakin jaya, berkembang sehingga masyarakatnya sejahtera,” pungkasnya. (Adi LC)

Comment