Kementerian PANRB dan Pemprov Kalbar Jaring Ide Anak Muda Jawab Pelayanan Publik yang Prima

KalbarOnline, Pontianak – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB) bersama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat menyelenggarakan roadshow kompetisi ide Ideathon dengan tema “TONS-OF-IDEAS: #BeribuIde – Orang Muda untuk Pelayanan Publik Prima”.

Kegiatan ini didukung oleh Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) Tata Kelola Pemerintahan yang Efektif, Efisien, dan Kuat (ERAT) berkolaborasi dengan Universitas Tanjungpura (Untan).

Kegiatan diisi dengan diskusi publik yang bertajuk “Yok, Budak KalBar, Buat Inovasi untuk Kalimantan Barat yang Sejahtera!” dan dilanjutkan dengan penjelasan mengenai kompetisi penjaringan ide, ideathon. Perwakilan dari mahasiswa/i, akademisi, organisasi masyarakat sipil dan praktisi, serta pemerintah hadir dalam kegiatan ini.

Pada kompetisi ide Ideathon ini, Kementerian PANRB mengajak orang muda untuk berpartisipasi dan berkontribusi menjawab tantangan pelayanan publik, khususnya di enam provinsi yang menjadi wilayah program USAID ERAT yaitu Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, Nusa Tenggara Timur, Banten, dan Kalimantan Barat.

“Dari kompetisi ini kami harapkan lahir ide-ide dari Aparatur Sipil Negara (ASN) muda, mahasiswa/i, praktisi/akademisi yang bisa membantu menjawab tantangan pelayanan publik yang lebih prima,” kata Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB, Diah Natalisa, Selasa (16/05/2023).

Baca Juga :  Basarnas Raih Penghargaan Pelayanan Prima 2021, Kado Spesial di Ultah ke-50

Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Pembangunan dan Ekonomi, Christianus Lumano turut mengapresiasi kerjasama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dan USAID ERAT, untuk melahirkan kompetisi Ideathon agar orang muda dapat berkontribusi secara positif dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di daerah dan memberikan dampak positif bagi masyarakat luas, khususnya di Provinsi Kalimantan Barat.

Berdasarkan data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) tahun 2023, angka kemiskinan ekstrem di Kalimantan Barat sekitar 2,04 persen. Kabupaten Ketapang adalah daerah dengan angka kemiskinan ekstrem tertinggi di Kalimantan Barat, yakni 36,67 persen. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, seperti infrastruktur yang belum memadai dan masih terdapat desa belum mendapat akses listrik.

Hal ini didukung oleh temuan USAID ERAT dalam kajian cepat di lima kabupaten/kota wilayah kerjanya di Kalimantan Barat. Isu pelayanan publik mengenai kesejahteraan sosial dan pengentasan kemiskinan, pendidikan dan budaya, pemerataan infrastruktur, transformasi digital, stunting, kesehatan ibu dan anak cukup melekat dengan masyarakat dan harus dituntaskan dengan segera.

Baca Juga :  Proses Belajar Bersama Ramah Internet Sehat Untuk Anak

Dalam diskusi publik ini hadir beberapa panelis yang berbagi mengenai kondisi dan tantangan terkait pemerataan dan kemiskinan di Kalimantan Barat. Melalui diskusi ini diharapkan orang muda terinspirasi untuk menghasilkan ide dan inovasi, serta berpartisipasi mengirimkan idenya ke dalam kompetisi ideathon.

Ideathon menjadi ajang penjaringan ide orang muda berusia 18-35 tahun di seluruh Indonesia. Peserta dapat mengirimkan ide terbaiknya untuk membantu pemerintah daerah menjawab tantangan pelayanan publik. Selain itu, melalui kompetisi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran tentang pentingnya partisipasi orang muda dalam upaya mewujudkan pelayanan publik.

Roadshow #BeribuIde juga dilakukan di beberapa provinsi lainnya yaitu Nusa Tenggara Timur, Jawa Timur, Banten, Sulawesi Selatan, dan Sumatera Utara. Peserta dapat mengirimkan idenya hingga 26 Mei 2023.

Jenis ide dapat diberikan dalam bentuk gagasan, produk, sistem, aplikasi, dan platform. Pendaftaran serta informasi lebih lengkap mengenai kompetisi ini dapat diakses melalui pamflet.or.id/ideathon atau Instagram @tonsofidea. Kegiatan roadshow dapat disaksikan melalui bit.ly/LiveIdeathonKalbar. (Indri)

Comment