Kapolres Sekadau Gelar Tatap Muka bersama Segenap Tokoh Desa Sungai Kunyit

KalbarOnline, Sekadau – Kapolres Sekadau, AKBP Suyono menggelar tatap muka dengan segenap tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, BPD dan tokoh pemuda Desa Sungai Kunyit, di Kantor Desa Sungai Kunyit, Kecamatan Sekadau Hilir, Selasa (16/11/2023).

Pada kesempatan ini, Kapolres Sekadau mengungkapkan rasa syukur atas sambutan hangat dari segenap tokoh dan warga di Desa Sungai Kunyit. Kapolres berujar, kedatangannya kali ini adalah untuk silaturahmi dan menjalin kemitraan dengan masyarakat.

“Tugas pertama polri adalah harkamtibmas, yang terwujud atas peran serta masyarakat juga. Hukum nasional begitu juga dengan hukum adat serta kearifan lokal adalah dibuat untuk menghormati setiap individu dan harus saling melengkapi berjalan berbarengan,” ucapnya.

Selanjutnya, tugas kedua Polri adalah memberikan pelayanan, perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat.

Baca Juga :  Polres Sekadau Ringkus Terduga Bandar Narkoba

“Di sini ada beberapa perkara keamanan yang terjadi di desa diantaranya pencurian buah sawit yang diselesaikan secara adat, kami dari kepolisian sangat mendukung. Karena tidak semua permasalahan harus diselesaikan di kepolisian,” ujarnya.

Kapolres menyebut, Polres Sekadau memberikan ruang dan waktu kepada masyarakat untuk menyelesaikan masalah di desa secara hukum adat. Namun tidak semua permasalahan bisa diselesaikan dari desa, misalkan kasus pembunuhan, pelecehan, asusila dan sebagainya yang memang menjadi ranah hukum pihak kepolisian.

“Saya yakin dan percaya kepada bapak semua di sini dapat menyelesaikan permasalahan di desa, itulah harapan Polri. Kami juga meminta saran, kritik dan koreksi dari bapak-bapak semua karena hal itu merupakan evaluasi bagi kami untuk bekerja kedepannya agar lebih baik,” ucap kapolres.

Baca Juga :  Polres Sekadau Ekspos Sederet Kasus, Satu Antaranya Kasus Perusakan Kantor Camat Nanga Mahap

Giat dilanjutkan dengan sosialisasi penerimaan Polri oleh Kabag SDM Polres Sekadau, Kompol Tomy Chahyadi dan juga sosialisasi pemberlakuan tilang manual oleh Kasat Lantas IPTU Pandi. Kemudian ada dialog dan tanya jawab, serta menampung keluhan dari masyarakat terkait kamtibmas dan kamseltibcarlantas.

Turut hadir dalam kegiatan tatap muka, Kabag SDM Polres Sekadau Kompol Tomy Chahyadi, Kasat Binmas AKP Masdar, Kasat Resnarkoba AKP Salahudin, Kasat Lantas IPTU Pandi, Kades Sungai Kunyit Kayus, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, BPD, Ketua RT dan RW serta warga Desa Sungai Kunyit. (Jau)

Comment