Minta ASN Kalbar Pegang Teguh 4 Variabel Utama Pelayanan Publik, Sutarmidji: Utamanya Kejujuran dan Disiplin

KalbarOnline, Pontianak – Aparatur pemerintah yang diberikan amanah untuk menjalankan roda pemerintahan mesti berkomitmen menyelenggarakan pelayanan publik dengan baik.

Selain baik, penyelenggaraan pelayanan publik semakin hari hendaknya juga harus semakin nyaman.

“Karena kalau baik itu bisa relatif. Tapi kalau nyaman, ukurannya pasti kepuasan. Itulah yang harus dicapai,” kata Gubernur Sutarmidji saat membuka Deklarasi ASN BerAKHLAK yang digelar Biro Organisasi Setda Kalbar, Kamis, 31 Maret 2022.

Karena itu Sutarmidji tak henti-hentinya mengajak semua jajaran Pemprov Kalbar untuk terus memperbaiki pelayanan publik di segala bidang. Semuanya mesti bekerja dengan sistem dan aturan.

Sutarmidji pun meminta ASN Kalbar memegang teguh 4 variabel utama dalam pelayanan publik. 4 variabel ini, kata Sutarmidji, diterapkan negara-negara maju seperti di Skandinavia sebagai tolok ukur keberhasilan.

Baca Juga :  Jika Terpilih Gubernur, Sutarmidji Yakin IPM di Kalbar Akan Naik Signifikan, Apa Alasannya?

Hal ini menurutnya selaras dengan semangat Deklarasi ASN Kalbar BerAKHLAK. 4 variabel itu di antaranya sebagai berikut:

  1. Kejujuran

“Dalam pelayanan publik, yang harus diperhatikan itu adalah kejujuran. Dalam segala hal,” tegas Sutarmidji.

  1. Disiplin

“Tanpa disiplin mustahil saudara bisa berhasil dengan baik. Disiplin ini betul-betul saya jaga,” kata Sutarmidji.

Mantan Wali Kota Pontianak inipun menceritakan pengalamannya 13 tahun mengabdi sebagai dosen di Universtias Tanjungpura Pontianak.

Selama 13 tahun mengajar, Sutarmidji mengaku selalu mengambil kelas pagi. Pukul 07.00 WIB.

Baca Juga :  Buka Perhelatan Festival Cap Go Meh 2568, Sutarmidji : Pemkot Tak Pernah Hambat Even Budaya Etnis Manapun

“Saya tidak pakai kendaraan pribadi, naik oplet. Selama 13 tahun itu saya hanya 4 kali terlambat mengajar. Itu (Disiplin) saya jaga betul. Termasuk menghadiri kegiatan apapun, saya upayakan tidak pernah terlambat. Disiplin itu penting,” tegas Sutarmidji.

  1. Dorongan Orang Terdekat

“Dorongan orang terdekat ini bisa saja istri, suami, anak, lingkungan keluarga, atau lingkungan kerja. Itu yang membuat sukses. Dorongan orang terdekat itu indikator ketiga dari satu keberhasilan di negara-negara maju,” kata Sutarmidji.

  1. Kemampuan

“Sehingga kalau saudara semua punya 4 variabel ini, maka saudara bisa berhasil. Variabel ukurnya jelas,” pungkas Sutarmidji.

Comment