Pesan Edi Kamtono ke Kafilah Pontianak : Jaga Kesehatan

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono saat menghadiri pembukaan STQ XXV Kalbar di Singkawang
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono saat menghadiri pembukaan STQ XXV Kalbar di Singkawang (Foto: Jim)

16 peserta Kafilah Pontianak Siap Berlaga di STQ XXV Kalbar

KalbarOnline, Singkawang – Sebanyak 16 peserta yang tergabung dalam Kafilah Kota Pontianak siap berlaga pada ajang Seleksi Tilawatil Quran (STQ) XXV Tingkat Provinsi Kalbar di Singkawang. Pelaksanaan STQ XXV Provinsi Kalbar ini digelar mulai tanggal 27 April – 3 Mei 2019.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono berpesan agar kontingen Kota Pontianak tetap menjaga fisik dan kesehatan selama mengikuti ajang lomba tingkat provinsi ini.

“Sehingga saat tampil nanti, kondisi fisik harus benar-benar fit dan tampil secara maksimal,” ujarnya usai acara pembukaan STQ XXV Kalbar di Stadion Kridasana, Singkawang, Sabtu kemarin.

Orang nomor wahid di Kota Pontianak ini berharap, melalui STQ ini ada peningkatan kualitas dalam seni baca Al-Quran di kalangan qori dan qoriah Kota Pontianak. Dengan demikian, para qori dan qoriah mampu mengharumkan nama Kota Pontianak, tidak hanya tingkat provinsi tetapi juga nasional.

“Semoga ada peserta kita yang mewakili Kalbar untuk mengikuti STQ tingkat nasional yang tak lama lagi digelar di Pontianak,” ucapnya.

Sebagai tuan rumah untuk STQ XXV tingkat nasional tahun ini, Pontianak terus berbenah dalam mempersiapkan even berskala nasional itu. Perlu persiapan matang untuk kelancaran pelaksanaan STQ nasional mendatang. Banyak rencana yang tengah dipersiapkan Pemkot Pontianak menyambut kedatangan tamu dari berbagai provinsi di Indonesia.

Sementara Gubernur Kalbar, Sutarmidji menuturkan, pada malam ini dirinya resmi membuka STQ XXV tingkat Provinsi Kalbar. Dalam waktu yang tak lama lagi, Kalbar menjadi tuan rumah STQ XXV tingkat nasional yang akan digelar di Kota Pontianak pada bulan Juni mendatang.

Sebagai tuan rumah, pihaknya tengah mempersiapkan tempat-tempat penyelenggaraan STQ Nasional di beberapa titik di Pontianak. Akan ada banyak tempat-tempat yang menjadi kenangan selama penyelenggaraan STQ Tingkat Nasional.

“Salah satunya, dikumandangkannya ayat-ayat suci Al Quran di titik nol derajat Lintang Selatan dan Lintang Utara yakni di Tugu Khatulistiwa selama lima hari berturut-turut,” tuturnya.

Sutarmidji berharap Kalbar sebagai tuan rumah STQ tingkat nasional menjadi ajang mengukir prestasi bagi qori dan qoriah sehingga membanggakan Kalbar. Apalagi Kalbar dulunya dikenal sebagai gudangnya qori dan qoriah.

“Saya minta Dewan Hakim harus memperhatikan kontingen kita yang akan mewakili Kalbar. Percepat Training Center (TC) agar semuanya dipersiapkan secara matang,” imbuhnya.

Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Pontianak, Mulyadi memaparkan, Kafilah Pontianak yang akan bersaing dengan kabupaten/kota se-Kalbar sebanyak 16 peserta. Masing-masing mengikuti beberapa cabang yang diperlombakan.

Adapun cabang-cabang yang diikuti diantaranya, Tilawah Dewasa Putra, Tilawah Dewasa Putri, Tilawah Anak Putra, Tilawah Anak Putri, Tahfiz Quran 1 juz, 5 juz, 10 juz putra, 10 juz putri, 20 juz putra, 20 juz putri, 30 juz putra dan 30 juz putri.

“Kami berharap kontingen Pontianak bisa merebut juara umum,” ucapnya.

Taufiq, salah satu peserta yang mewakili Kafilah Kota Pontianak, mengaku sudah melakukan berbagai persiapan melalui latihan secara rutin dan intensif serta diperkuat lagi melalui training center yang dikoordinir oleh LPTQ Kota Pontianak.

“Mudah-mudahan saat tampil nanti kami bisa maksimal dan memberikan hasil yang memuaskan. Mohon doa dan dukungan dari masyarakat Pontianak,” ucap peserta Tilawah Dewasa Putra ini. (jim/humpro)

Tinggalkan Komentar